spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Sebagai Acuan Pelaksanaan Porda Jabar, Dispora Akan Susun Pergub

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat akan menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur khusus terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah (Porda). Hal tersebut seiring dengan rekomendasi dari hasil Rapat Evaluasi Pelaksanaan Porda XIII Jabar yang digelar di Hotel Gumilang Regency, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Kamis-Jumat (25-26/10/2018).

    Kepala Dispora Jabar, Yudha M Saputra menuturkan, pelaksanaan persiapan pembuatan Pergub tersebut akan dimulai pada bulan November 2018 melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam lingkup terbatas.‎Pasca pelaksanaan FGD, tahapan pembasahan selanjutnya yakni penyusunan draft Pergub.

    “Targetnya, pada Desember 2018, draft Pergub ini bisa selesai. ‎Dan pada tahun 2019, produk hukum Pergub sendiri bisa selesai dilakukan,” ujar Yudha saat ditemui usai pelaksanaan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Porda XIII Jabar yang digelar di Hotel Gumilang Regency, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Kamis-Jumat (25-26/10/2018).

    Pada pergub tersebut, lanjut Yudha, ‎akan memuat berbagai hal terkait acuan penyelenggaraan Porda Jabar. Mulai dari penetapan tuan rumah Porda, apakah akan dilakukan oleh KONI atau pemerintah‎.

    ‎”Terkait bidding tuan rumah Porda XIV Jabar tahun 2022 yang dilakukan KONI Jabar, belum bisa dipastikan terkait siapa tuan rumahnya karena belum ada konsultasi ‎pihak pemerintah dan gubernur. Nanti setelah ada penetapan dari gubernur baru bisa dipastikan. PON saja ditetapkan oleh Presiden melalui rekomendasi ‎dari Kemenpora
    ‎sehingga tuan rumah Porda pun akan ditetapkan oleh pemerintah,” terangnya.

    ‎Selain penetapan tuan rumah Porda Jabar, Pergub sendiri akan mengatur terkait pendanaan, batasan usia, mutasi, nomor pertandingan, cabang olahraga, hingga sanksi-sanksi yang akan diterapkan. Bahkan ‎tidak menutup kemungkinan jika dalam Pergub tersebut akan juga diatur terkait masalah bonus Porda Jabar bagi atlet‎.

    “Jadi untuk bonus bisa ditetapkan batas atas dan bawah, dan dipastikan akan memuat banyak pasal‎.Dengan keberadaan Pergub ini, diharapkan pelaksanan Porda Jabar bisa sesuai dengan tujuan awal dari Porda,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img