spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    17 Ekor Eks Topeng Monyet Dilepas di Cagar Alam Gunung Tilu

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Jakarta Animal Aid Network (JAAN) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat dan BKSDA Jawa Barat melepasliar 17 ekor eks topeng monyet hasil rehabilitasi.

    Ketua JAAN, Benfika menuturkan, saat ini sudah ada 59 ekor eks topeng monyet hasil penjangkauan di beberapa wilayah Jawa Barat telah memasuki tahap sosialisasi yang sebelumnya dilakukan tahap rehabilitasi di rumah sakit hewan Jawa Barat selama tiga tahun.

    “Setelah masuk tahap sosialisasi, nanti akan dibentuk grup ideal yang nantinya akan dilepasliarkan,” tuturnya di Parkiran Timur Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018).

    Dia menambahkan, sebelum memilih tempat untuk melepasnya, pihaknya melakukan survei bersama BKSDA Jawa Barat.

    Adapun yang dipilih sebagai tempat pelepasliaran di Cagar Alam Gunung Tilu, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

    ” Kita (JAAN) bersama BKSDA Jawa Barat dan dipilih tempat ideal di Cagar Alam Gunung Tilu,” kata Fika.

    Perlu diketahui, penertiban kegiatan topeng monyet di Jawa Barat dilakukan karena pelatihan dan penggunaannya jauh dari kaidah kesejahteraan satwa dan untuk mencegah bahaya penyebaran zoonosis.

    Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang No 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UU No41 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang Undang No. 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan Kesehatan Hewan.

    (Achmad Nugraha/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img