spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    9.489 Atlet Bertarung di Porda XIII & Peparda V Jabar

    BOGOR, FOKUSJabar.id : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) membuka secara resmi Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XIII dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) V Jabar Tahun 2018.
    Foto Humas
    Porda yang digelar 6-15 Oktober 2018 diikuti 9.489 atlet dan 4.666 official dari 27 Kabupaten/Kota. Sebanyak 60 Cabang Olahraga (Cabor) dengan 879 nomor pertandingan. Total medali yang diperebutkan, 3.063 buah. Yakni, 879 medali emas, 879 (perak) dan 1.305 medali perunggu.
    Emil berharap, Porda dan Peparda tidak hanya menjadi ajang olahraga tahunan saja. Tapi bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya generasi olahraga Jawa Barat yang penuh dengan prestasi Juara Lahir dan Batin.
    ” Saya berpesan agar motto yang diusung, tanding, sportif dan juara sejatinya harus menjadi nilai yang harus dijunjung tinggi semua pihak,” kata Emil di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/10/2018) malam.
    Selain itu, melalui event Porda dan Peparda, Jawa Barat bisa mempertahankan prestasinya sebagai juara umum PON yang akan dihelat tahun 2020 di Papua.
    Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, berdasarkan catatan KONI Jawa Barat, Porda XIII merupakan Porda terbesar karena mempertandingkan 60 Cabor dengan 879 nomor pertandingan.
    ” Berdasarkan catatan historis dari KONI Jawa Barat, Insya Allah penyelenggaraan Porda XIII sebagai Porda terbesar dan terbanyak di Jawa Barat. Bahkan, mungkin di Indonesia,” kata Nurhayanti.
    Porda XIII mengusung tema ” Mengukir Prestasi di Bumi Tegar Beriman Menuju Jawa Barat Berjaya di Tanah Nusantara pada PON 2020 di Papua.”
    Nurhayanti berharap, Porda di Kabupaten Bogor akan sukses dan menularkan semangat untuk para atlet seperti ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, serta sebagai refleksi sukses PON 2016 di Jabar.
    Kabupaten Bogor bertekad menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan Porda XIII. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Pemkab Bogor mencanangkan panca sukses Porda. Yaitu, Sukes Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukes Administrasi, Sukses Ekonomi Kerakyatan, dan Sukses Budaya.
    (Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img