spot_img
Sabtu 25 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Siapkan Langkah Antisipasi Kecurangan di Porda XIII Jabar Tahun 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung, Aan Johana mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat di Kabupaten Bogor, 6-15 Oktober 2018 mendatang. Potensi kecurangan di ajang Porda XIII Jabar tahun 2018 pun sudah mulai tercium pada saat ini.

    “Dari kesiapan venue cabang olahraga, masih ada kekhawatiran terkait kelayakannya. Termasuk dari sisi keabsahan atlet di beberapa cabang olahraga dimana kontingen tuan rumah Kabupaten Bogor belum memasukan daftar atlet mereka. Kita sendiri sudah memiliki catatan di cabang olahraga mana saja dan sudah siapkan langkah antisipasinya. Semoga saja pada pertemuan Chief de Mission (CDM) yang sedang digelar hari ini, semuanya sudah ada kepastian,” ujar Aan saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Selasa (25/9/2018).

    Aan menambahkan, pihaknya tidak menyetujui beberapa komitmen yang sudah dibangun di beberapa cabang olahraga. Salah satunya terkait isu pembagian jatah medali bagi kota/kabupaten tertentu, termasuk kontingen tuan rumah.

    “Kita pun sudah memiliki bukti dengan beberapa cabang olahraga dan bidang hukum akan menindaklanjuti hal itu. Kita akan pertanyakan terkait isu pembagian jatah medali tersebut. Kasihan para atlet yang sudah berlatih keras untuk tampil di Porda XIII Jabar jika pemenangnya sudah ditentukan sebelum pertandingan dimulai,” terangnya.

    Selain mempersiapkan bidang hukum dengan merekrut Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk melakukan pendampingan jika terjadi permasalahan di Porda XIII Jabar, lanjut Aan, pihaknya pun terus melakukan penguatan-penguatan dari sisi internal. Mulai dari pengurus cabang olahraga, pelatih hingga atlet.

    “Penguatan dari sisi internal, dengan memberikan motivasi-motivasi kepada atlet, pelatih dan pengurus. Termasuk dengan peningkatan semangat bertanding dan sportivitas keolahragaan,” tambahnya.

    Meski demikian, pihaknya berharap pelaksanaan pertandingan Porda XIII Jabar di setiap cabang olahraga bisa berjalan dengan baik, sportiv dan fair play. Sehingga, tujuan pelaksanaan Porda XIII Jabar yakni untuk persiapan Jabar mempertahankan titel juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua serta mendukung pencapaian Indonesia di ajang internasional pun bisa tercapai.

    “Kita berharap tidak ada persoalan non-teknis yang terjadi di Porda XIII Jabar. Tapi, kalaupun ada, kita siap dengan tim pembelaan hukum dan akan mempersoalkan kecurangan-kecurangan tersebut,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img