spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    KONI Kabupaten Bandung Rasionalisasi Jumlah Atlet yang Berangkat ke Porda XIII Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung terus melakukan verifikasi dan rasionalisasi atlet di sejumlah cabang olahraga yang berhak diberangkatkan dan mendapatkan dukungan dana pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jabar tahun 2018.

    KONI Kabupaten Bandung sendiri sudah melakukan pendaftaran atlet ke PB Porda XIII Jabar, baik secara online maupun manual.

    Ketua KONI Kabupaten Bandung, Herda M Ghani menuturkan, pihaknya sudah melakukan pendaftaran atlet ke PB Porda XIII Jabar. Baik secara online maupun manual.

    “Namun atlet yang kita daftarkan itu, masih ada yang masuk kategori kampus dan non-kampus. Untuk atlet yang masuk kategori kampus yakni mereka yang diberangkatkan dan mendapatkan dukungan pendanaan sejak persiapan. Sedangkan atlet non-kampus yakni atlet yang diberangkatkan namun tidak kita dukung dari sisi pendanaan saat persiapan,” ujar Herda saat ditemui di sekretariat KONI Kabupaten Bandung, Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (30/8/2018).

    Dari jumlah yang didaftarkan tersebut, lanjutnya, kontingen Kabupaten Bandung masih mengalami kelebihan jumlah ofisial maupun atlet mencapai 200 orang. Jumlah keseluruhan kontingen Kabupaten Bandung sendiri maksimal di angka 710 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial.

    “Untuk itu, kita terus melakukan rasionalisasi dari jumlah yang sudah didaftarkan. Kenapa kita batasi, karena kita menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang kita miliki. Kita ingin memberikan yang terbaik bagi para atlet maupun pelatih,” terangnya.

    Untuk itu, Herda pun meminta kepada setiap cabang olahraga untuk konsisten dalam menentukan atlet yang akan diberangkatkan. Jika atlet yang bersangkutan tidak ditargetkan atau peluang meraih medali sangat kecil, maka tidak perlu memaksakan untuk diberangkatkan

    “Kita sudah sepakat jika parameter bagi atlet yang berangkat itu yakni menempati peringkat satu sampai lima di babak kualifikasi, atlet berprestasi di Porda sebelumnya tahun 2014, atau eks atlet PON XIX. Kalau memang memaksa atlet diluar parameter itu diberangkatkan, maka silakan cabang olahraga yang menanggung semua biaya persiapan dan kalau benar berprestasi di Porda XIII Jabar maka akan kami bayar hak mereka selama persiapan yakni sembilan bulan,” paparnya.

    KONI Kabupaten Bandung sendiri, sudah mendaftarkan sekitar 900 orang atlet, pelatih dan ofisial ke PB Porda XIII Jabar tahun 2018. Dari jumlah tersebut, pihaknya akan mengikis jumlah kontingen hingga sekitar 700 orang yang sebanyak 500 orang diantaranya merupakan atlet.

    “Tapi kalau pun jumlahnya tetap harus 900 orang, konsekuensi yang diterima yakni pengurangan dukungan bantuan bagi atlet, pelatih dan ofisial. Salah satunya dari sisi uang saku. Ini karena keterbatasan anggaran yang dimiliki,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img