spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    KONI Ajukan Kadeudeuh bagi Atlet Kabupaten Bandung yang berlaga di Asian Games 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung sudah mengajukan usulan pemberian kadeudeuh bagi para atlet asal Kabupaten Bandung di ajang Asian Games XVIII tahun 2018.

    Usulan pemberian kadeudeuh sendiri diharapkan bisa dialokasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di tahun anggaran 2019.

    Ketua KONI Kabupaten Bandung, Herda M Ghani mengaku, jumlah atlet asal Kabupaten Bandung yang membela Indonesia di ajang Asian Games XVIII tahun 2018 berjumlah sekitar 20 orang atlet. Mereka tersebut di beberapa cabang olahraga diantaranya angkat besi, menembak, karate, dan dayung.

    ‎”Kita memang tidak melakukan peninjauan secara langsung perjuangan atlet di ajang Asian Games XVIII karena keterbatasan anggaran yang kita miliki. Tapi kita tetap akan memberikan apresiasi bagi para atlet asal Kabupaten Bandung yang sudah berjuang demi Indonesia di Asian Games,” ujar Herda saat ditemui di sekretariat KONI Kabupaten Bandung, Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (30/8/2018).

    Beberapa nama atlet asal Kabupaten Bandung pun sudah menjadi langganan memperkuat Indonesia di beberapa ajang multieven olahraga. Mereka diantaranya Sri Wahyuni di cabang olahraga angkat besi, lalu M Naufal Mahardika di cabang olahraga menembak, serta Sandi Firmansyah di cabang olahraga karate.

    “Untuk apresiasi bagi mereka berupa kadeudeuh, kami sudah mengajukan ke Pemkab Bandung. Semoga saja bisa direalisasikan pada tahun anggaran 2019 dan Bupati (Dadang Naser) sendiri sudah memberikan respon positif,” terangnya.

    Pemberian kadeudeuh bagai para atlet, pelatih atau ofisial asal Kabupaten Bandung yang berjuang atas nama Indonesia di ajang internasional, sudah menjadi hal rutin dilakukan Kabupaten Bandung. Seperti halnya pascapelaksanaan SEA Games 2017 lalu di Malaysia. Dimana Pemkab Bandung pun memberikan kadeudeuh bagi para atlet yang sudah berjasa dan berprestasi di ajang multieven olahraga tingkat Asia Tenggara tersebut.

    “Jadi, Insha Allah akan kami siapkan. Kalau dari sisi besarannya, kami belum mengetahui karena kami sendiri baru mengajukannya,” pungkasnya.

    Seperti diketahui, pada ajang SEA Games 2017 di Kualumpur, Malaysia, beberapa atlet Kabupaten Bandung berhasil meraih prestasi. Diantaranya M Naufal Mahardika yang meraih medali emas di cabang olahraga menembak dan Sandi Firmansyah yang meraih medali perak di cabang olahreaga karate.

    Pada ajang SEA Games edisi ke-29 tersebut, Indonesia pun menempati peringkat lima dengan raihan 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu. Sementara di ajang Asian Games 2018, hingga saat ini, Indonesia masih menempati peringkat empat dengan raihan 30 medali emas, 22 medali perak, dan 37 medali perunggu.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img