spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Organisasi Sehat Awal Lahirnya Prestasi Olahraga

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Organisasi cabang olahraga yang berjalan dengan baik dan sehat, diyakini akan mendukung pada penciptaan prestasi atlet di cabang olahraga yang bersangkutan. Hal tersebut menjadi alasan Ketua Umum KONI Kabupaten Bandung terpilih periode 2018-2022, Herda M Ghani memfokuskan pembenahan organisasi cabang olahraga di awal kepemimpinannya.

    “Saya punya keyakinan, jika organisasi cabang olahraganya sehat dan berjalan baik maka pencapaian prestasi pun akan mengikuti. Itu saling berkaitan,” ujar Herda saat ditemui di sekretariat KONI Kabupaten Bandung, Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (29/8/2018).

    Herda menuturkan, tanpa pamrih dan militansi tinggi menjadi hal mutlak yang harus ‎dimiliki setiap jajaran pengurus cabang olahraga. Meski demikian, tuntutan prestasi diharapkan hadir di setiap cabang olahraga.

    “Untuk itu, sehatnya organisasi akan berdampak pada prestasi‎. Karena itu, kita ingin organisasi cabang olahraga di Kabupaten Bandung ini sehat dan berjalan baik sehingga prestasi pun akan hadir,” tambahnya.

    Selain dari sisi organisasi, Herda mengaku jika pihaknya sudah memiliki beberapa upaya lain dalam mendukung peningkatan prestasi olahraga Kabupaten Bandung. Diantaranya peningkatan perhatian bagi dua elemen penting dalam prestasi olahraga yakni pelatih dan atlet.

    “Untuk atlet dan pelatih ini, kita sudah sampaikan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bandung untuk adanya peningkatan. Baik dari sisi perhatian maupun pembinaan,” terangnya.

    Selain itu, pihaknya pun sudah mengajukan usulan untuk membentuk Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah atau PPLPD di Kabupaten Bandung. Sebagai langkah awal, cabang olahraga perorangan akan menjadi fokus pertama cabang olahraga yang masuk dalam kerangka PPLPD Kabupaten Bandung.

    Dalam mendukung pembinaan olahraga serta program PPLPD Kabupaten Bandung tersebut, lanjut Herda, pihaknya pun sudah mengusulkan kepada Pemkab Bandung untuk lebih mengoptimalkan keberadaan SOR Jalak Harupat. Keberadaan SOR Jalak Harupat pun diharapkan menjadi sentra pembinaan keolahragaan di Kabupaten Bandung.

    “Pak Bupati (Dadang Nasser) sangat merespon dengan baik usulan dan rencana program kita kedepan. Bahkan Pemkab Bandung berencana untuk membangun sebuah wisma atlet di area SOR Jalak Harupat. Dengan dukungan sarana prasarana di SOR Jalak Harupat ditambah kehadiran PPLPD, kita optimistis olahraga prestasi Kabupaten Bandung akan lebih berkembang serta kembali menjadi kekuatan olahraga di Jabar,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img