spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Setelah Asian Games, Menpora Perjuangkan Pencak Silat Masuk Cabor Olimpiade

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pencak silat sebagai warisan budaya adi luhung asli Indonesia akan terus diperjuangkan. Jika kali ini menjadi yang pertama diperlombakan di tingkat Asia, perjuangan akan terus dikuatkan untuk bisa masuk secara resmi menjadi cabang olahraga (cabor) di olimpiade.

    Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pun mensyukuri eksistensi Pencak Silat di gelaran Asian Games 2018. Ia berharap cabor Pencak Silat ikut resmi dipertandingkan di Olimpiade mendatang.

    “Sekarang pencak silat sudah ada di Asian Games, maka tidak berhenti disini, kita akan terus perjuangkan hingga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade di masa-masa yang akan datang,” kata Menpora dilansir laman resmi Kemenpora, Jumat (24/8/2018).

    Pencak Silat sendiri secara resmi mulai dipertandingkan di Asian Games 2018 pada Kamis (23/8/2018) kemarin. Sebagai tradisi yang terus dilestarikan, kejuaraan Pencak Silat selalu diwali dengan upacara buka gelanggang yang diikuti oleh seluruh kontingen.

    Menurut Nahrawi, upacara ini tidak sekedar sebagai tanda kesiapan seluruh tim, melainkan sebagai awal memupuk kebersamaan, dan saling menghargai sesama kontingen.

    “Selamat datang di Indonesia, selamat datang di negara Bhineka Tunggal Ika, selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas, jadikan pencak silat sebagai ajang silaturahiom, tali persaudaraan bangsa-bangsa Asia,” kata Menpora saat menjadi Inspektur Upacara Buka Gelanggang, di Pedepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

    Pada perhelatan Asian Games 2018, pencak silat diikuti oleh 16 negara dengan 167 pesilat. Pencak silat mempertandingkan 16 kategori yang terbagi 10 tanding dan 6 seni, dengan jadwal bertanding mulai 23-29 Agustus 2018.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img