spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Iwa: Pemprov Jabar yang Paling Tanggap Pada Surat Edaran Kemendagri

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa mengatakan bahwa yang paling responsif pada surat edaran Kemendagri terkait bantuan kepada korban gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

    Menurutnya, surat edaran Kemendagri nomor 977/6131/Sj dan 977/6132/Sj Tanggal 20 Agustus 2018 untuk seluruh gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia terkait bantuan korban gempa Lombok.

    Dia mengungkapkan, Pemprov Jabar sudah mengirimkan bantuan sebesar Rp 2 milyar ke Lombok yang dikirim langsung oleh Penjabat Gubernur Jabar M. Iriawan. Dana Rp 2 Miliar tersebut dari APBD Provinsi Jabar.

    “Edaran Mendagri tentang bantuan untuk ke Lombok itu jurstru kita sudah duluan. Provinsi Jabar sudah merespon duluan,” ujar Iwa di Gedung Sate, Kamis (23/8/2018).

    Dia mengatakan, Provinsi Jabar punya alokasi anggaran yang diperuntukkan bagi korban bencana alam. Sehingga tercepat dan paling tanggap ketika ada bencana alam di daerah Jabar maupun di luar Jabar.

    “Kenapa kita bisa merespon dulu karena kita sudah mengalokasikan anggaran. Begitau ada Edaran bantuan Lombok kita bisa proses dalam sehari,” ujarnya.

    Selain dari APBD, lanjutnya, Pemprov Jabar juga mengirimkan bantuan dari hasil Jabar Peduli. Semua bantuan yang dikirim ke Lombok dalam bentuk uang.

    “Karena yang paling dibutuhkan di Lombok itu adalah bantuan berupa uang, agar bisa dibelikan sesuai dengan kebutuhan pada saat ini,” ucapnya.

    (Ibenk/dar)

    Berita Terbaru

    spot_img