spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    8 Atlet Pencak Silat Jabar Berpeluang Raih Medali Emas Asian Games

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Atlet pencak silat Jawa Barat memiliki peluang besar mengikuti jejak Defia Rosmaniar‎ untuk meraih medali emas di ajang Asian Games XVIII tahun 2018. Jabar sendiri menyumbangkan delapan atlet dan dua pelatih di komposisi tim nasional Pencak Silat untuk perhelatan multieven olahraga empat tahun se-Asia tersebut.

    Delapan atlet pencak silat yang menjadi andalan Indonesia ‎di ajang Asian Games XVIII yakni Hanifan Yudani Kusuma di nomor tanding kelas C (55-60 kg) putra, Wewey Wita di nomor tanding kelas B (50-55 kg) putri, lalu Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal Mubarok di nomor TGR kelas regu putra, serta Gina Tri Lestari, Pramudita Yuristya, dan Lutfi Nurhasanah di nomor TGR kelas regu putri. Sementara dua pelatih asal Jabar yakni Ferry Hendarsin dan Ika Lesmana.

    “‎Delapan atlet Jabar yang akan berlaga di empat nomor, memiliki peluang cukup besar untuk meraih medali emas. Tidak menutup kemungkinan target dua medali emas yang diminta Presiden RI, Joko Widodo bisa tercapai oleh atlet Jabar. Meski demikian, kami dari IPSI menargetkan untuk meraih juara umum,” ujar Pelatih Pencak Silat Indonesia asal Jabar, Ferry Hendarsin saat dihubungi melalui telepon selular, Senin (20/8/2018).

    ‎Ferry menambahkan, peluang terbesar Indonesia di ajang Asian Games XVIII, berasal dari nomor TGR yang memperebutkan enam medali emas. Baik di nomor tunggal putra putri, ganda putra putri, maupun regu putra putri.

    Kalau di nomor tanding, dua atlet Jabar yang berlaga punya peluang cukup besar. Baik Hanifan maupun Wewey, sudah memiliki pengalaman bertanding di laga-laga internasional.

    “Hanifan sendiri merupakan juara di kelas C putra pada gelaran Belgia Open tahun 2018. Begitu pula Wewey yang sebelumnya meraih medali emas di ajang SEA Games 2017. Meski demikian, kita tetap mewaspadai kekuatan setiap negara yang berlaga di cabang olahraga Pencak Silat Asian Games XVIII karena kita melihat kekuatan setiap negara cukup merata,” terangnya.

    ‎Terkait persiapan menghadapi laga Asian Games XVIII, Ferry menuturkan jika semua atlet sudah siap bertanding. Baik dari sisi persiapan fisik, teknik, strategi hingga mental bertanding atlet.

    “Tidak ada kendala yang terjadi dalam tim sebelum turun laga pada Kamis (23/8/2018) besok. Semua atlet dalam kondisi fit, tidak ada yang cedera. Tinggal kerja keras dan mental bertanding atlet saat di matras pertandingan. Insha Allah, target dua medali emas yang diminta Presiden Jokowi bisa tercapai,” pungkasnya.

    Cabang olahraga pencak silat di Asian Games XVIII ‎mempertandingkan sebanyak 16 nomor pertandingan. Terbagi di 10 nomor tanding (tujuh putra dan tiga putri) serta enam nomor seni (tiga putra dan tiga putri).

    Tim Pencak Silat Indonesia sendiri, dihuni oleh 22 atlet‎. Cabang olahraga pencak silat Asian Games XVIII, akan memulai pertandingannya pada Kamis (23/8/2018) hingga Rabu (29/8/2018) dengan perebutan medali dimulai pada Minggu (26/8/2018) di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img