spot_img
Kamis 23 Mei 2024
spot_img
More

    Atlet Jabar Berpeluang Sumbang 9 Medali Emas di Asian Games XVIII

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Selain menjadi penyumbang atlet terbanyak bagi Indonesia di Asian Games XVIII, atlet asal Provinsi Jabar pun ‎diprediksi akan memberikan kontibusi medali emas terbanyak. Setidaknya, atlet asal Jabar yang berlaga di Asian Games XVIII diprediksi sumbang sembilan medali emas.

    “Dari total 16 medali emas yang menjadi target minimal Indonesia di Asian Games XVIII untuk menembus jajaran 10 besar, kami prediksi sebanyak sembilan medali emas akan disumbangkan atlet asal Jabar,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Jabar, Yunyun Yudiana saat ditemui usai Verifikasi Cabang Olahraga dalam rangka Asian Games XVIII tahun 2018 dan Persiapan PON XX tahun 2020 di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (16/8/2018).

    ‎Dengan demikian, lanjut Yunyun, atlet asal Jabar akan menjadi tumpuan bagi Indonesia dalam perolehan medali emas Asian Games XVIII. Hal ini berdasar pada lebih dari separuh medali emas yang ditargetkan Indonesia di Asian Games XVIII akan berasal dari atlet asal Jabar.

    ‎”Sembilan medali emas itu, kita prediksi dari Pencak Silat sebanyak tiga emas, lalu Bridge sebanyak dua emas, serta satu medali emas dari soft tenis, panjat tebing, dayung, angkat besi, dan panahan. Bahkan bukan tidak mungkin dari cabang olahraga taekwondo di nomor poomsae,” terangnya.

    Yunyun menambahkan, pada gelaran Asian Games XVIII tahun 2018, Indonesia sebagai tuan rumah sangat memungkinkan untuk meraih lebih dari 16 medali emas. Pasalnya, berdasarkan proyeksi masing-masing cabang olahraga, setidaknya Indonesia punya potensi mendulang medali emas antara 32 keping sampai 37 keping.

    “Target 16 emas itu kan target minimal untuk bisa menembus 10 besar, karena biasanya perolehan medali di Asian Games ‎itu jomplang. Apalagi dengan kekuatan China, Korea Selatan dan Jepang yang diprediksi akan menjadi penghuni tiga besar klasemen raihan medali. Jadi, dengan keuntungan sebagai tuan rumah, Indonesia punya peluang meraih medali emas lebih dari 16 keping,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img