spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Juara Kejuaraan Selam Piala Gubernur Jabar 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sebanyak 236 peselam dari 16 kota/kabupaten serta 26 perkumpulan olahraga selam di Jabar mengikuti ajang kejuaraan selam  Piala Gubernur Jawa Barat ke 4.  Kompetisi olahraga ini  diinisiasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora( Jawa Barat)

    Pada kejuaraan yang digelar di Kolam Renang Prestasi KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu-Minggu (12/8/2018), menobatkan kontingen Kota Bandung sebagai juara umum di kategori kota/kabupaten dan Siliwangi Diving Club (SDC) Cimahi sebagai juara umum kategori perkumpulan.

    Kota Bandung tampil sebagai juara umum usai mengoleksi sembilan medali emas, enam medali perak, dan tiga medali perunggu. Kota Bandung mengalahkan Kabupaten Bogor yang menempati posisi runner up dengan raihan enam medali emas, lima medali perak dan lima medali perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Kabupaten Tasikmalaya usai meraih lima medali emas, tujuh medali perak dan tujuh medali perunggu.

    Keberhasilan Kota Bandung merebut juara umum, tidak terlepas dari pencapaian dua atlet terbaik mereka yakni Raisa Ganeswara dan I Kadek Darmawan. Raisa dan I Kadek Darmawan tampil dominan setelah masing-masing menyumbang empat medali emas di kelompok usia A (18 tahun keatas). Keduanya pun dinobatkan sebagai atlet terbaik putra dan putri di kelompok A.

    Di kategori perkumpulan, SDC Cimahi tampil dominasn dengan merebut 17 medali emas, lima medali perak, dan tujuh perunggu. Raihan medali SDC, terpaut jauh dari posisi runner up yang dihuni Shark DC dengan koleksi sembilan medali emas, 10 medali perak, dan enam medali perunggu. Sedangkan peringkat tiga di kategori perkumpulan yakni Universal Diving Club dengan raighan enam medali emas, lima medali perak, dan lima perunggu.

    Gelar juara umum kategori perkumpulan yang diraih SDC Cimahi berkat penampilan impresif empat atlet mereka. Yakni Karen Benedicta yang meraih empat medali emas dan dua medali perak di kelompok E (10-11 tahun) putri sekaligus menjadi atlet terbaik. Lalu Kaisar Hansel yang menjadi atlet terbaik kelompok E (10-11 tahun) putra. Kemudia di kelompok D (12-13 tahun) putra, dimana atlet SDC Cimahi, Dimas Akbar menyabet gelar atlet terbaik usai menggondol empat medali emas dan dua medali perak. Terakhir, melalui Feby Yolanda Limbong yang meraih tiga medali emas dan satu medali perunggu sekaligus tampil sebagai atlet terbaik kelompok C (14-15 tahun) putri.

    Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Selam ‘Piala Gubernur Jabar 2018’, Dadan menuturkan, selain sebagai ajang mencari bibit atlet potensial, kejuaraan pun digelar sebagai ajang uji coba bagi atlet menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jabar pada Oktober 2018 mendatang di Kabupaten Bogor. Untuk itu, pertandingan digelar di lima kelompok usia untuk putra maupun putri. Mulai dari kelompok A (18 tahun keatas), kelompok B (16-17 tahun) kelompok C (14-15 tahun), kelompok D (12-13 tahun), dan kelompok E (10-11 tahun).

    “Kejuaraan ini menjadi ajang tryout bagi daerah dalam persiapan menuju Porda XIII Jabar tahun 2018 dan terlihat dari banyaknya atlet yang dikirim. Khusunya di kelompok A. Secara umum, kekuatan setiap daerah cukup merata sehingga laga pun berjalan cukup kompetitif, baik di kategori kota dan kabupaten maupun perkumpulan,” pungkas Dadan.
    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img