spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Jadi Pembawa Obor Pertama di Kota Bandung, Airlangga Ajak Warga Sukseskan Asian Games XVIII

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Perindustrian dan Perdagangan Airlangga Hartanto mengaku sangat bangga menjadi pembawa obor Asian Games XVIII pertama pada rangkaian Torch Relay Asian Games XVIII di Kota Bandung, Sabtu (11/8/2018).

    Sebagai Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga pun sudah menargetkan satu medali emas dari cabang olahraga (Cabor) wushu di ajang multieven olahraga dua tahunan di Asia tersebut.

    ‎”Tentu saja bangga ‎dapat kehormatan membawa obor Asian Games,‎ karena saya bukan atlet dan hanya ngurus atlet saja. ‎Ini kepercayaan yang luar biasa. Sebagai Ketua Wushu, ‎Insya Alloh kita bisa sumbang satu medali emas di Asian Games XVIII‎,” jelas Airlangga usai acara Rangkaian Torch Relay Asian Games XVIII di kawasan Pasteur, Jalan Babakan Jeruk II, Kota Bandung.

    Saat ini, kata dia, atlet wushu Indonesia masih berlatih di Cina dan akan kembali tanggal 14 Agustus ke Indonesia untuk memberikan yang terbaik‎ di Asian Games XVIII.

    Airlangga mengatakan bahwa hal terpenting dari pelaksanaan Asian Games XVIII di Indonesia yakni sukses penyelenggaraan serta sukses prestasi. Asian Games XVIII ini akan menjadi salah satu upaya dalam mempromosikan Indonesia di mata dunia.

    “Dan biasanya, ekonomi itu akan tumbuh sesudah even besar usai seperti Asian Games. Seteah Asian Games, awareness dunia terhadap Indonesia akan semakin baik apalagi kalau diikuti dengan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Untuk itu, mari bersama-sama sukseskan penyelenggaraan Asian Games XVIII,” terangnya.

    Dia berharap, even ini akan berdampak juga pada bidang pariwisata Indonesia. Lebih dari itu, investasi di Indonesia akan semakin meningkat da  produk Indonesia akan lebih dikenal di dunia.

    “Dengan prestasi, mereka akan melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk banyak dengan talenta besar‎. Ini pesan yang harus kita sampaikan kepada dunia‎,” tegasnya.

    Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial pun mengaku sangat tersanjung dan bangga setelah Kota Bandung termasuk dari 53 kabupaten/kota yang dilintasi oleh Kirab Obor Asian Games XVIII. Pihaknya pun berharap, even Asian Games XVIII ini bisa dilaksanaan dengan sukses.

    “Apalagi ada 48 atlet asal Kota Bandung yang akan membela Indonesia di 21 Cabor. Kita sudah sampaikan kepada atlet untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Kita harus bisa hadirkan kesuksesan di even Asian Games ini,” pungkasnya.

    Prosesi acara penyambutan Kirab Obor Asian Games dalam Rangkaian Torch Relay Asian Games XVIII di Kota Bandung berlangsung cukup meriah. Obor Asian Games XVIII yang datang ke Kota Bandung sekitar pukul 08.30 WIB dan dibawa perwakilan INASGOC, disambut tarian merak dan ratusan warga yang sudah memadati kawasan Pasteur sejak pukul 07.30 WIB.

    Obor Asian Games XVIII pun akan diarak keliling Kota Bandung oleh 20 orang pelari dengan garis finish di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung. Menperindag‎, Airlangga Hartanto didapuk sebagai pembawa obor Asiang Games XVIII yang pertama sebelum diserahkan kepada mantan pemain dan pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman sebagai pelari kedua pembawa obor.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img