spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Selama Sepekan di Jabar, Obor Asian Games XVIII Singgahi 5 Kabupaten/Kota

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Obor Asian Games XVIII tahun 2018 akan singgah di lima Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat selama satu pekan, Jumat-Kamis (10-16/8/2018). Purwakarta merupakan kabupaten pertama yang akan disinggahi.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Yudha M Saputra menuturkan, obor Asian Games XVIII/2018 akan tiba di Kabupaten Purwakarta, Jumat (10/8/2018) besok pagi dari Serang, Provinsi Banten. Di Purwakarta, obor akan menuju Pendopo dan akan diarak keliling sejauh 10 kilometer.

    ” Setelah diarak 10 kilometer, obor akan diinapkan. Esok harinya, Sabtu (11/8/2018) akan menuju Kota Bandung melalui jalan tol. Diperkirakan masuk gerbang tol Pasteur Kota Bandung sekitar pukul 09.00 WIB,” ujar Yudha saat Rapat Koordinasi Teknis Persiapan ‎Teknis Penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 di Provinsi Jawa Barat bersama Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI di Mercure Hotel, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Kamis (9/8/2018).

    Di Kota Bandung, obor Asian Games akan disambut dengan berbagai atraksi kesenian dan beberapa komunitas.

    ” Saat diarak keliling Kota Bandung, sejumlah atraksi kesenian, komunitas dan warga akan mengiringi selama perjalanan. Lalu di Gedung Sate, obor akan diserahkan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil kepada Pj Gubernur Jabar, M Iriawan untuk diinapkan,” tambahnya.

    ‎Setelah satu malam diinapkan di Gedung Sate, obor Asian Games kembali melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Garut. Di Kota Dodol, akan menjalani prosesi serupa dan diarak keliling kota sejauh 10 kilometer.

    ” Setelah dari Garut, obor menuju Kabupaten Cianjur dan kota. Terakhir di Kota Bogor‎. Kamis (16/8/2018), obor akan menuju Istana Negara untuk kembali diarak keliling ibukota. Selanjutnya menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai lokasi pembukaan Asian Games XVIII, Sabtu (18/8/2018),” paparnya.

    Dalam prosesi arak-arakan di setiap kota/kabupaten yang disinggahi, obor Asian Games akan dipegang secara bergantian oleh 20 orang pelari dari unsur atlet, pelatih hingga para pejabat.

    Ke-20 orang pelari tersebut sudah disiapkan oleh pihak Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Commitee), Panitia Pelaksana Asian Games XVIII/2018 Indonesia.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img