spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Pepaperda II Jabar Harus Jadi Pemersatu dan Mengangkat Citra Penyandang Disabilitas

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat Yudha M Saputra berharap Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Pepaperda) II Jabar tahun 2018 menjadi pemersatu dari para pelajar penyandang disabilitas sekaligus mengangkat citra mereka untuk bisa lebih mandiri ke depan.

    Sebagai warga masyarakat, para penyandang disabilitas mempunyai hak dan kedudukan yang sama seperti masyarakat pada umumnya, termasuk bagi para pelajar disabilitas.

    “Begitupun semangat mereka dalam berolahraga. Bahkan bisa saya sebut jika semangat mereka (penyandang disabilitas) lebih besar dibanding kita semua yang normal,” kata Yudha di Bandung, usai membuka gelaran Pepaperda II Jabar tahun 2018 di Gedung Wyataguna, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

    Pihaknya pun memfasilitasi digelarnya even olahraga bagi para pelajar penyandang disabilitas layaknya pelajar pada umumnya yang berlaga di even Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Jabar.

    “Jenjang yang akan mereka tempuh sama seperti atlet pelajar pada umumnya di Popda XII tahun 2018. Di even Pepaperda II tahun 2018 ini, mereka pun akan diseleksi untuk menjadi wakil Jabar di tingkat nasional yakni Pepapernas tahun 2019. Dan Insya Alloh, kita akan dukung dan support melalui fasilitas yang ada,” terangnya.

    Dia berharap dukungan dari setiap pemerintah kabupaten/kota di Jabar bagi para pelajar penyandang disabilitas untuk mencapai prestasi maksimal. Baik dukungan anggaran, fasilitas maupun saat even kegiatan olahraga bagi mereka.

    “Saat ini, fasilitas bagi  penyandang disabilitas belum merata di setiap kota dan kabupaten di Jabar. Kita berharap tahun depan, para bupati dan wali kota bisa memberikan dukungan kepada mereka agar punya andil dan perhatian yang sama,” tegasnya.

    Pepaperda II tahun 2018 ini diikuti sebanyak 248 atlet yang berasal dari 25 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Sementara untuk cabang olahraga yang dipertandingkan pada Peparda II/2018 sebanyak 5 cabang olahraga, yakni  catur, renang, atletik, tenis meja dan bulu tangkis. Pertandingan dimulai sejak Selasa (24/7/2018) hingga Kamis (26/7/2018) di komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img