spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ketua DPRD Jabar Apresiasi Penyelenggaraan Pilkada Jabar Tanpa Konflik

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menilai bahwa Pilgub Jabar yang digelar 27 Juni 2018 lalu berlangsung lancar dan kondusif. Meski sebelumnya banyak orang mengkhawatirkan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 di Jabar akan terjadi konflik.

    “Itu semua berkat kerjasama semua pihak terkait dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, termasuk masyarakat,” kata Ineu di saat menghadiri rapat pleno terbuka penetapan Cagub-Cawagub Jabar terpilih, di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut no 11, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

    Hal serupa diungkapkan Penjabat Gubernur Jabar M. Iriawan. Menurut dia, pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada Serentak di 16 kabupaten/kota di Jabar bisa menjadi sarana edukasi demokrasi sekaligus sebagai ‘wisata’ politik, dan itu sudah terwujud di Jabar. Bahkan dengan partisipasi yang meningkat, yakni 71 persen dari 63 pesen pada Pilgub 2013.

    Dia menegaskan bahwa kesuksesan itu buah kerjasama semua pihak, baik KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun aparat keamanan dari Polda yang dibantu jajaran Kodam III Siliwangi.

    “Pilgub Jabar cerminan Pilkada damai yang menjadi contoh di tingkat nasional dan bahkan di tingkat dunia, sehingga perwakilan tujuh negara hadir menyaksikan. Saya menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu, khususnya kepada KPU, Bawaslu, dan jajaran keamanan TNI, Polri,” kata dia.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img