spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    Kemenpora Gandeng Dispora dan Ikasi Jabar Gelar Pelatihan Wasit/Juri Anggar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sebanyak 40 orang wasit anggar mengikuti Pelatihan Wasit Juri Pemula Cabang Olahraga Anggar Tingkat Provinsi Jabar selama lima hari, 23-27 Juli 2018, di Novotel, Jalan Cihampelas Kota Bandung.

    Kegiatan pelatihan ini merupakan program kerjasama antara Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jabar.

    Ketua Pelaksana Christin Timisela berharap pelatihan ini bisa ‎meningkatkan kemampuan serta kompetensi para wasit/juri melalui sertifikasi wasit/juri pemula tingkat Jabar. Dengan kegiatan ini para wasit/juri pun bisa lebih memahani prosedur sistem perwasitan dalam cabang olahraga Anggar.

    “Pesertanya adalah utusan dari kabupaten/kota di Jabar. Sedangkan narasumber berasal dari kalangan akademisi hingga pakar olahraga anggar.  Selain dari sisi teknis, peserta pun akan mendapat pelatihan dari sisi mental,” kata Christin di Novotel, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

    Kabid Peningkatan Mutu Wasit Juri dan Tenaga Pendukung pada Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Hariyanto menuturkan, kegiatan pelatihan wasit/juri ini sudah dua kali digelar di Jabar.  Sebelumnya, pihaknya sudah bekerjasama dengan Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar dengan menggelar pelatihan bagi wasit/juri cabang olahraga pencak silat.

    “Tahun ini kita memiliki tujuh program pelatihan yang dikerjasamakan dengan Dispora dan Pengprov Cabor setempat. Dan kita sudah gelar pelatihan wasit bola basket dan wushu di Jakarta, dan wasit/juri senam di Surabaya,” kata dia.

    Pihaknya pun sudah melakukan program pengiriman wasit/juri untuk level internasional dengan mengikuti kegiatan pelatihan atau mengundang narasumber dari luar negeri. Tahun ini digelar pelatihan wasit/juri dari Cabor soft tennis dengan menghadirkan pemateri dari luar negeri.

    “Kita pun sudah kirim wasit/juri untuk mengikuti pelatihan di level internasional seperti di judo, taekwondo, dan handball. Jadi tidak menutup kemungkinan jika peserta pelatihan wasit/juri anggar ini kita kirim ke level internasional. Apalagi peserta kali ini masih muda-muda, bahkan ada yang masih sebagai atlet,” tegasnya.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img