spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabr Targetkan 5 Daerah Masuk 10 Besar EKPPD 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 5 daerah bisa masuk peringkat 10 besar Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2018.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, berdasarkan hasil pemeringkatan EKPPD 2017 yang lalu terhadap LPPD Pemda se- Jawa Barat 2016 yang ditetapkan dalam Kepmendagri  No. 100-53 2018 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional, dapat diketahui bahwa 26 pemerintah kabupaten/kota di Jabar memperoleh status Sangat Tinggi.

    “Berdasarkan Kepmendagri dimaksud telah ditetepka  kabupaten/kota di Jabar yang masuk ke dalam peringkat 10 (sepuluh) besar tingkat nasional, yakni Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan,” kata Iwa usai acara penerimaan Tim Nasional EKPPD 2018 di Gedung Sate, Bandung, Senin (23/7/2018).

    Sementara untuk Pemprov Jabar telah mendapatkan penilaian dan status Sangat Tinggi dan berhasil meraih peringkat ke 2 tingkat nasional.

    Berdasarkan hal itu, Pemprov Jabar berhasil mempertahankan prestasi tertinggi selama 3 tahun berturut-turut.

    “Bahkan tahun lalu Jabar mendapatkan Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha,” kata Iwa.

    Tahun ini (2018), pihaknya menargetkan ada lima pemerintah kabupaten/kota yang bisa menembus nominasi 10 besar tingkat nasional.

    Sementara Provinsi masih bisa mempertahankan posisi di 2 besar tingkat nasional.

    “Kecuali Pangandaran yang tidak dinilai, karena masih dianggap sebagai daerah otonomi baru,” kata dia.

    Khusus untuk Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan yang masuk 10 besae 2 tahun berturut-turut, Iwa berharap dalam EKPPD Tahun 2018 bisa mempertahankan peringkat tersebut.

    “Sehingga bisa diusulkan menerima Penghargaan Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha,” jelas dia.

    Iwa mengakui target peningkatan peringkat status EKPPD tahun 2018 cukup berat. Kendati begitu, dia berharap menjadi motivasi bagi segenap jajaran pemda di Jabar untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemda dalam mewujudkan tata kelola pemda yang baik.

    “Sekaligus menghadirkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” kata dia.

    Iwa optimistis target tersebut bisa tercapai, mengingat setiap tahun jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan peringkat terus bertambah.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img