spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pabrik Kayu Meledak di Ciamis Delapan Luka Bakar

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Kebakaran terjadi  PT. KBN Indonesia di Dusun Sukasenang, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis Sabtu (21/7/2018). Akibatnya delapan orang yang terdiri dari enam orang pegawai PT KBN, dan dua orang petugas BPBD Kabupaten Ciamis mengalami luka bakar.

    Korban adalah Indra (Karyawan), Aep Nurjamil (Karyawan), Arif (Karyawan), Ilal Sabilul (Karyawan), Yoni (Karyawan), Ade Ridwan (Karyawan), Erik Risnandi (BPBD) dan Dian (BPBD).

    Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supriani mengatakan, dari kedelapan korban tersebut tiga orang harus dirujuk ke Rumah Sakit Besar untuk dilakukan tindakan langsung atau dilakukan bedah kulit karena luka bakarnya mencapai 70 persen.

    ” Dari delapan korban tersebut, Erik Risndandar (BPBD), Ilal (Karyawan) dan Arif (Karyawan) harus dirujuk ke Rumah Sakit Besar karena mengalami luka bakar yang cukup parah, 50 – 70 persen,” ucapnya  ketika ditemui di UGD RSUD Ciamis, Sabtu (21/7/2018) malam

    Ani menjelaskan, ledakan api yang menyambar korban terjadi saat petugas BPBD dan Karyawan sedang membersihkan serbuk gergaji setelah sebelumnya pihak Damkar menyatakan Api telah Padam.

    ” Seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh pihak PT KBN, penyebab kebakaran dari tungku pembakaran serbuk gergaji,” jelasnya.

    Menurut informasi yang dirilis Pusdalops BPBD Kabupaten Ciamis, Kebakaran Tungku Pembakaran PT KBN terjadi sekitar pukul20:30 WIB, Sabtu (21/7/2018), penyebab kebakaran dari tungku pembakaran, upaya yang dilakukan para pekerja, Damkar dan BPBD yakni pendinginan dan pengeluaran material dari mesin pengopenan.

    Petugas Assesment yang dikirim oleh BPBD Ciamis yakni Yunus K, Jajang Maulana, Erik, Erwin dan Dian.

    Keterangan Petugas Assesment BPBD Ciamis Dian menjelaskan, ketika setelah dinyatakan api dipadamkan, sekitar pukul 22:30 WIB para petugas membersihkan material di tungku pembakaran, namun naas ledakan api terjadi sehingga memakan korban.

    ” Ledakan api terjadi ketika kita membersihkan material sisa kebakaran, kita berlarian namun naas petugas dan karyawan lain ada yang terkena dampak ledakan api,” paparnya di UGD RSUD Ciamis.

    (DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img