spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Asian Games: Timnas Bola Voli Putera Indonesia Incar Juara Pool A

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tim nasional bola voli putera bertekad jadi juara pool A pada babak penyisihan pool laga Asian Games XVIII/2018. Indonesia tergabung di pool A bersama Arab Saudi dan Kirgystan.

    “Untuk menghadapi Arab Saudi kita sudah punya bayangan, apalagi komposisi tim untuk Asian Games 2018 kali ini lebih baik dan lebih komplit dibanding tahun 2017 lalu. Hanya saja untuk kekuatan Kirgystan, kita benar-benar buta tapi kemungkinan besar tidak akan jauh dari permainan tim dari negara-negara Asia Timur,” ujar Pelatih Timnas Bola Voli Putera, Samsul Jais  saat ditemui di Bandung, Senin (9/7/2018).

    Menurut Samsul  pernah bertemu dengan tim bola voli putera Arab Saudi pada saat Kejuaraan Asian di Gresik tahun 2017 lalu dan menang dengan skor akhir 3-1.

    Untuk itu, pihaknya sangat berharap jika undian pertandingan di pool A lebih dulu mempertemukan Arab Saudi dan Kirgystan. Dengan demikian, pihaknya bisa mengetahui sedikit banyak kekuatan Kirgystan serta bisa mengetahui perkembangan dari tim Arab Saudi.

    “Kalau target ‎dari Ketua Umum PP PBVSI, kita bisa masuk dalam jajaran tiga besar. Tapi target awal kita bisa lolos pool sebagai juara sehingga di babak berikutnya akan lebih mudah,” terangnya.

    Samsul menambahkan, target menembus tiga besar, secara realistis dinilai cukup berat. Pasalnya, masih ada negara-negara bola voli seperti Jepang, China, Iran, dan Korea, yang akan ikut berlaga di ajang Asian Games XVIII/2018 mendatang.

    ‎”Target itu tidak kita jadikan bebas, tapi justru menjadi motivasi bagi kita. Peluang tetap ada dan semua kemungkinan bisa terjadi. Sekarang, kita terus berupaya mempersiapkan diri untuk mencapai hasil terbaik,” tambahnya.

    Keberhasilan menjadi juara pada even yang digelar di Vietnam belum lama ini, diakui Samsul, cukup memberikan pengaruh yang signifikan. Salah satunya terhadap mental bertanding serta kepercayaan diri para pemain yang meningkat.

    “Pada kejuaraan di Vietnam, kita mampu mengalahkan Thailand dari dua kali pertemuan. Padahal, sejak 2009, Indonesia belum pernah menang menghadapi Vietnam. Ini jadi modal yang bagus bagi kita untuk menghadapi laga di Asian Games XVIII yang dimulai pada 19 Agustus mendatang,” tegasnya.

    Seperti ‎diketahui, cabang olahraga bola voli indoor putera Asian Games XVIII tahun 2018 di Jakarta, Indonesia, diikuti oleh 20 tim. Mereka terbagi dalam enam pool, dimana Indonesia bergabung bersama Arab Saudi dan Kyrgyztan di pool A. Laga sendiri akan dimulai pada 19 Agustus di Jakarta.

    (Ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img