spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Pemohon AK1 di Kota Tasikmalaya Capai 11 Ribu, Pengangguran Masih Tinggi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Sejak musim pengumuman kelulusan sekolah SLTA sederajat bulan lalu, tercatat ratusan lulusan mendatangi Dinas Tenaga Kerja di Jalan Siliwangi 73, Tawang, Kota Tasikmalaya setiap harinya.

    Mereka datang ke Disnaker untuk membuat dokumen Angkatan 1 (AK1) atau kartu kuning sebagai salah satu syarat mencari pekerjaan. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kota Tasikmalaya Padil, Jumat (29/6/2018).

    “Per harinya tidak kurang dari 250 pemohon AK1 kita layani,” kata Padil.

    Adapun persyaratan untuk mendapatkan AK1, yakni pemohon harus membawa KTP, KK, Ijazah terakhir dan pas photo warna. Jika sudah melengkapi persyaratan tersebut, dalam lima menit pemohon sudah punya AK1.

    Lebih lanjut Padil mengatakan bahwa pemohon AK1 saat ini didominas lulusan SLTA/sederajat, namun ada juga lulusan diploma dan S1, dengan rata-rata usia berkisar 18 sampai 15 tahun dan belum pernah bekerja.

    “Hingga akhir Juni ini pemohon Ak1 sudah mencapai 11 ribu orang. Ini mengindikasikan jika jumlah penggangguran di Kota Tasikmalaya masih cukup tinggi,” pungkasnya.

    (Seda/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img