spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Debat Publik Ketiga, Hasanah Berharap Ada Tambahan Waktu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jabar nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin (Hasan) mengaku tidak ada persiapan khusus untuk debat publik ketiga Pilgub Jabar 2018 di Grand Ballroom Sudirman Convention Centre Jalan Sudirman Kota Bandung, Jumat(22/6/2018) mendatang.

    Menurut dia, setiap tema yang disuguhkan adalah masalah-masalah yang sudah biasa dihadapinya selama masa pengabdian, baik di bidang militer, politik maupun legislatif.

    “Kerjakan seperti biasa saja,” kata Hasan di Kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Rabu (20/6/2018).

    Dia menyebut bahwa debat publik digelar untuk menyampaikan visi misi dan program masing-masing kandidat sebagai pedoman atau acuan pembangunan di masa mendatang.

    Namun, kata dia, alokasi waktu yang disediakan oleh penyelenggara (KPU) seringkali dianggap kurang mencukupi. Kandidat acapkali kesulitan memaparkan materi secara sempurna lantaran waktu yang disediakan sangat terbatas.

    “KPU mestinya memberikan penambahan waktu agar pemaparan visi misi dan program masing-masing pasangan calon bisa lengkap dan publik pun dapat memahaminya secara utuh. Kalau hanya satu menit, baru prolog saja sudah habis,” kata dia.

    Dia menilai bahwa debat publik bagian dari cara penyelenggara mengenalkan kandidat kepada masyarakat pemilih. Melalui debat publik, internalisasi pendidikan politik (politic education) pun tersampaikan. Dia berharap KPU bisa mempertimbangkan adanya penambahan waktu.

    Terlebih,debat publik ketiga mengangkat tema yang berkaitan tentang kebijakan dan hak-hak publik yang harus dijamin pemerintahan daerah, menyangkut didalamnya persoalan perempuan, disabilitas, anak, kepemudaan, sosial budaya dan ideologi.

    Paling tidak, kata dia, ada penambahan waktu antara 5-10 menit.

    “Bagaimana disuruh menjelaskan untuk keperluan masyarakat Jawa Barat yang sangat prinsipil dan strategis dalam waktu satu menit. Paling tidak, grand design tuh lima menit atau 10 menit lah,” pungkasnya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img