spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Tel U Choir Buat Bangga Indonesia di 9th International Krakow Choir Festival Polandia

    KRAKOW, FOKUSJabar.id:  Telkom University (Tel U) Choir kembali menjuarai kompetisi paduan suara Internasional di 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ di Krakow, Polandia yang diselenggarakan oleh Melody, Poland pada tanggal 7-10 Juni 2018.

    Setelah mendapatkan dua gelar juara pada kompetisi sebelumnya di Viena, Austria, kali ini Tel U Choir mendapatkan tiga gelar juara, yaitu 1st Place pada kategori Folk & Popular Music, 2nd Place pada kategori Mixed Choir dan menyandang gelar sebagai Juara Umum ke tiga dari total 32 paduan suara.

    Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia dan Asia Tenggara, Tel U Choir bertanding dengan paduan suara lain yang berasal dari 13 negara lainnya, seperti Austria, Estonia, Finlandia, Hungaria, Islandia, Israel, Kanada, Latvia, Lithuania, Norwegia, Polandia, Republik Ceko, Rusia.

    Telkom University Choir dipercaya sebagai paduan suara pembuka pada kompetisi ini bersama dengan lima paduan suara lainnya pada Opening Ceremony di Bernadine Church, 7 Juni 2018.

    Pada penampilannya di konser pembukaan ini, Tel U Choir membawakan enam karya klasik dan sakrak dari berbagai macam zaman.

    Pada kategori Folk & Popular Music (F) yang diadakan pada tanggal 8 Juni 2018 di Karlowicz Music School, Telkom University Choir membawakan empat komposisi lagu daerah Indonesia, yakni Soleram (Riau) yang diaransemen oleh composer Spanyol yaitu Josu Elberdin.

    Kemudian Benggong (Manggarai) yang diaransemen oleh Ken Steven serta Kaulinan Budak (Sunda) dan Yamko Rambe Yamko (Papua) yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

    Di kategori lainnya yaitu kategori Mixed Choirs (A) membawakan karya-karya komposer dunia yaitu Kalejs Kala Debesis karya Selga Mence (Latvia), Abendlied karya Josef Gabriel Rheinberger (Jerman), Fajar dan Senja karya Ken Steven (Indonesia) dan Gaur Akelarre karya Josu Elberdin (Spanyol).

    Pada kompetisi ini Telkom University Choir mendapat banyak sekali dukungan salah satu nya dari Kedutaan Besar Repulik Indonesia (KBRI) untuk Republik Ceko.

    Telkom University Choir berkunjung ke KBRI Ceko pada tanggal 6 Juni 2018 untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di KBRI Republik Ceko.

    Upacara dihadiri Duta Besar RI untuk Republik Ceko Dr. Aulia A. Rahman selaku pembina upacara.

    Aulia menyampaikan dukungannya secara langsung sebelum Tel U Choir berkompetisi di Polandia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img