spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Dispora Jabar Tingkatkan Pelatih Selam

    BANDUNG, FOKUSJabar.id:  (DIspora) Sebanyak 54 pelatih cabang olahraga selam mendapatkan pelatihan dari para pakar kepelatihan pada Kegiatan Peningkatan Mutu Tenaga Keolahragaan melalui Pelatihan Pelatih Selam. Kegiatan sendiridiinisiasi Seksi Tenaga dan Organisasi Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Isola Resort, Jalan Setiabudi Kota Bandung, 5-8 Juni 2018.

    Kepala Seksi Tenaga dan Organisasi Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Asep Sutrisna mengatakan, pelatih cabang olahraga selam yang mengikuti kegiatan pelatihan merupakan utusan dari kota dan kabupaten di Jabar. Selain itu, terdapat pelatih yang berasal dari klub-klub olahraga selam di Jabar.

    “Untuk pemateri, kita hadirkan para pakar cabang olahraga selam dan kepelatihan. Baik dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Pengprov POSSI Jabar, dan pakar kepelatihan olahraga dari FPOK UPI,” ujar Asep saat ditemui usai pelaksanaan pelatihan di Isola Resort, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

    Gelaran pelatihan sendiri, lanjut Asep, sangat disambut baik dengan antusias yang tinggi oleh kepengurusan POSSI. Pasalnya, kegiatan pelatihan bagi pelatih cabang olahraga selam sangat jarang dilakukan. Tidak hanya di Jabar, namun juga di Indonesia.

    “Sebenarnya kalau pelatih olahraga selam ini sudah cukup banyak namun dari sisi kuantitas maupun kualitas masih perlu ditambah dan ditingkatkan. Tak hanya itu, sebaran pelatih di kota dan kabupaten pun belum merata karena dari sosialisasi dan penyebaran cabang olahraga ini pun masih kurang,” terangnya.

    Dengan pemberian pelatihan bagi pelatih selam ini, pihaknya berharap bisa ikut mensosialisasikan cabang olahraga selam sekaligus mengembangkannya di daerah masing-masing. Dengan demikian, cabang olahraga selam semakin diminati dan semkin banyak atlet selam yang hadir dari semua kota dan kabupaten di Jabar.

    “Pelatihan ini diharapkan untuk meningkatkan kualitas pelatih selam untuk menunjang prestasi olahraga ini di PON XX. Pasalnya, di PON XIX tahun 2016 lalu, Jabar hanya meraih satu medali emas dari cabang olahraga selam dari total 22 medali emas yang diperebutkan. Untuk sumber daya atlet sendiri, Jabar sebenarnya memiliki cukup banyak hanya butuh peningkatan di sisi pembinaan yang secara tidak langsung harus ada sumber daya pelatih yang baik pula. Atlet yang baik itu, berbanding lurus dengan pelatih yang baik juga,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img