spot_img
Minggu 26 Mei 2024
spot_img
More

    Komitmen Kabupaten Bogor Sukseskan Gelaran Porda Jabar XIII Dipertanyakan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : KONI Jawa Barat sebagai Panitia Pengarah (Steering Commite, SC) Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 menilai kontingen tuan rumah Kabupaten Bogor tidak memiliki komitmen yang baik dalam menyukseskan gelaran multieven olahraga terbesar di Jabar. Hal ini dibuktikan dengan belum mengirimkan data mutasi atlet hingga tim Pokja Mutasi Atlet merilis hasil verifikasi mutasi atlet yang dilakukan.

    Wakil Ketua I KONI Jabar, M Budhiana menuturkan, mutasi atlet menjadi salah satu hal yang dinilai penting oleh pihaknya menjelang pelaksanaan Porda Jabar XIII/2018. Pasalnya, Porda Jabar XIII yang akan digelar Oktober 2018 mendatang menjadi titik awal Jabar untuk mempertahankan prestasi juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang di Papua.

    “Pokja Mutasi pun kami bentuk berdasarkan amanat Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan KONI Jabar menempatkan mutasi ini sebagai hal penting tapi sikap dan respon KONI Kota/Kabupaten justru ada yang tidak memperlihatkan komitmen tidak baik,” ujar Budhiana saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (1/5/2018).

    Budhiana menambahkan, dalam proses verifikasi mutasi, tim Pokja Mutasi Atlet sebagai bentukan KONI Jabar bertugas secara objektif dan profesional. Pihaknya tidak pernah ‘menganakemaskan’ salah satu daerah dalam berbagai hal.

    “Intinya, KONI Jabar bersikap sama terhadap semua kota/kabupaten menjelang Porda Jabar XIII ini. Semua harus mengikuti aturan, termasuk dalam hal menyerahkan data-data mutasi atlet yang mereka lakukan. Kita pun sangat mengerti jika ada persepsi lain dari KONI Kota/Kabupaten karena semangat kedaerahan yang luar biasa untuk mengejar prestasi maksimal di Porda Jabar nanti,” terangnya.

    Untuk itu, pihaknya selalu meminta semua pihak memperlihatkan komitmen yang baik dalam menyukseskan gelaran Porda Jabar XIII/2018. Dengan suksesnya pelaksanaan Porda Jabar XIII, diharapkan bisa memberikan imbas yang positif bagi persiapan Jabar untuk PON XX tahun 2020.

    “Apalagi tuan rumah Kabupaten Bogor, harus benar-benar memperlihatkan komitmennya dalam menyukseskan ajang ini. Sebagai tuan rumah, mereka sudah punya previlage khusus dengan tidak mengikuti babak kualifikasi dan lolos di semua nomor cabang olahraga. Tapi kenapa saat diminta data mutasi atlet yang mereka lakukan, belum juga menyerahkan,” tegasnya.

    Sekretaris Umum KONI Jabar, Gianto Hartono menambahkan, pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan bagi setiap KONI Kota/Kabupaten untuk menyampaikan data mutasi atlet yang mereka lakukan. Bahkan surat yang ditujukan kepada KONI Kabupaten Bogor sendiri sudah dilayangkan hampir tiga kali.

    “Namun mereka sampai saat ini belum menyampaikan data mutasi atlet sehingga tim Pokja Mutasi hanya mengumumkan hasil verifikasi mutasi atlet diluar Kabupaten Bogor. Sepatutnya jika semua pihak memperlihatkan komitmen yang baik sehingga Porda Jabar XIII ini benar-benar menjadi miniatur PON XX untuk mempertahankan prestasi juara umum,” pungkas Gianto.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img