spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Kota Bandung Tinjau Langsung Pembangunan IPA Cikalong dan SPAM Tegalega

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : DPRD Kota Bandung melakukan kunjungan secara langsung terkait progres pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikalong dan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Tegalega, Kamis (31/5/2018). Pada kunjungan tersebut, anggota DPRD Kota Bandung mendapatkan presentasi langsung dari Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi terkait progres pembangunan IPA Cikalong dan pembangunan SPAM Regional Tegalega tersebut.

    Sonny menuturkan, program Regional Bandung Selatan dilaksanakan oleh satuan kerja pengembangan kinerja pengelolaan air minum Jawa Barat yang merupakan program pengembangan SPAM baru dengan memanfaatkan Sungai Cisangkuy sebagai sumber air bakunya. Kapasitas total SPAM yang akan dibangun sendiri sebesar 700 liter per detik yang terbagi untuk Kota Bandung sebesar 400 liter per detik dan Kabupaten Bandung sebesar 300 liter per detik.

    “Tahap pertama dibangun SPAM dengan kapasitas 350 liter per detik dan untuk Kota Bandung sendiri mendapatkan 200 liter per detik untuk wilayah blok Tegalega,” ujar Sony saat ditemui di sela-sela kegiatan, Kamis (31/5/2018).

    Pembangunan SPAM Regional Tegalega sendiri, lanjut Sonny, hingga bulan Mei minggu ketiga, proses pengerjaan sudah mencapai 100 persen untuk pengadaan pipa. Lalu untuk pemasangan pipa sendiri sudah mencapai 80 persen dan untuk pemasarannya sudah mencapai 100 persen.

    Untuk SPAM Regional Tegalega tersebut, pihaknya memiliki prioritas dalam Pembentukan Distrik Meter Area (DMA). Untuk pemasangan Pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) sendiri berawal di area Kelurahan Batununggal dan Kelurahan Mengger.

    “Dengan adanya SPAM Regional Tegalega ini, ada potensi penambahan cakupan layanan berdasarkan hasil survey minat pelanggan sebanyak 5.635 calon pelanggan. Lalu terdapat lima DMA di Kelurahan Batununggal dan Kelurahan Mengger yakni DMA Blok Batununggal, DMA Blok Waas Parakan, DMA Blok Batununggal Indah, DMA Blok Mengger, dan DMA Blok Terusan Buah Batu,” tuturnya.

    Untuk pembangunan IPA Cikalong, akan dibangun Bak Prasedimentasi, Bangunan Instalasi dan Reservoir. Pembangunan IPA Cikalong sendiri sudah dilakukan dengan pengukuran sondir, pembuatan akses jalan ke bak 1, pemasukan dan pengelasan pipa, serta pengerukan dan pemulangan titik starussiple dan pengecoran DPT di bak III. “Untuk waktu pelaksanaannya sendiri selama 12 bulan,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img