spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Tiga Lembaga Pendidikan Tinggi Terima Hibah Tanah dari Pemprov Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tiga lembaga pendidikan tinggi di Jawa Barat, yakni Universitas Winaya Mukti (Unwim) di Kabupaten Sumedang, Institut Seni Budaya Indonesia (Isbi) Bandung dan Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) IV Jabar dan Banter mendapat hibah berupa tanah dari Pemprov Jawa Barat.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menandatangani langsung dokumen serah terima hibah ini bersama Ketua Yayasan Winaya Mukti Endjay Sendjaya, Rektor Isbi Bandung Een Herdiani, serta Ketua Kopertis Wilayah IV Uman Suherman di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata No. 1 Kota Bandung, Selasa pagi (29/5/18).

    Hibah ini sebagai salah satu bentuk perhatian paling besar Pemprov Jabar dalam bidang pendidikan tinggi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Hal ini diharapkan mampu menambah daya tampung mahasiswa, serta mampu meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Jawa Barat.

    ” Jabar ini ironis, lembaga pendidikan tingginya unggulan, tapi partisipasinya rendah,” kata Aher.

    Hal itu terjadi karena perbandingan antara jumlah perguruan tinggi dan jumlah penduduk Jabar tidak seimbang. Padahal, kata dia, perguruan tinggi negeri biasa menjadi lokomotif perguruan tinggi swasta.

    “Di tempat lain relatif seimbang. Seperti di Jawa Timur perguruan tinggi negeri banyak. Di Sumatera Barat jumlah perguruan tinggi negerinya tiga (UIN, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas) tapi penduduknya 4,5 juta,” ungkap Aher.

    Hal itu pulalah yang mengakibatkan APK perguruan tinggi di Jabar rendah tetapi kualitasnya tinggi. Kualitasnya tinggi karena perguruan tinggi, terlebih negeri yang ada di Jabar diburu semua calon mahasiswa dari seluruh Indonesia,” jelas dia.

    Untuk itu, Pemprov Jabar terus berupaya meningkatkan APK ini. Caranya melalui pengubahan status beberapa perguruan tinggi swasta menjadi negeri. Di antaranya yang telah berhasil yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dan Universitas Siliwangi (Unsil) di Tasikmalaya, serta dua Politeknik Negeri di Subang dan Indramayu.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img