spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Dari IMB, Sektor Perizinan Ciamis Targetkan PAD Rp1,8 Milyar

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Pemkab Ciamis menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perizinan terpadu sebesar  Rp1,8 Milyar di tahun 2018. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Mmodal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Ciamis  Agus Yani mengatakan, target tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1,5 milyar.

    “Tahun 2017 target sektor perizinan mencapai Rp1,5 Milyar itu dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan terealisasi 105  persen. Tahun ini target PAD naik menjadi Rp1,8 Milyar,” kata Agus, melalui sambungan telepon Rabu (23/5/2018).

    Dikatakan Agus sejak Juni hingga Maret 2018 atau triwulan pertama, target PAD terealisasi sebesar Rp615 juta atau 33,6 persen.

    “Melihat kondisi tersebut kami yakin target PAD dari IMB tercapai 100 persen. Perhitungan kami untuk mencapai target setiap bulan harus masuk sekitar Rp150 juta sampai Rp200 juta perbulan,” kata Agus.

    Potensi pembuatan IMB ini banyak masuk dari sektor usaha perumahan, kandang ayam, dan menara telekomunikasi.

    “Investor di bidang perumahan banyak melirik Ciamis, ini menjadi potensi PAD dari IMB. Ciamis sebagai sentra unggas nasional juga mendorong masyarakat peternak mengembangkan populasinya dengan menambag kandang ayam baru, kemudian pembuatan menara telekomunikasi, tiga jenis usaha ini lah yang turut mendorong peningkatan PAD dari sektor peizinan dalam penerbitan IMB,” jelas Agus.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img