spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Strategi Pengenalan Pariwisata Membuat TPK Hotel Berbintang di Jabar Meningkat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Jawa Barat (Jabar) pada Februari ke Maret tahun 2018 mengalami peningkatan. Hal ini merupakan dampak positif dari strategi pengenalan pariwisata di berbagai daerah.

    Dari realese Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, mengungkapkan TPK hotel berbintang pada Februari 2018 mencapai 57,98 persen dan meningkat pada Maret menjadi 61,21 persen naik 3,23 poin pada Maret 2018 jadi 61,21 persen.

    “Alhamdulillah ya, mungkin dengan strategi peduli pariwisata oleh pemerintah, semakin banyak wisatawan yang datang. Indikator yang kita pantau ini selalu menunjukkan tren positif dibanding dua tahun yang lalu,” ujar Dody beberapa hari yang lalu.

    Tentu, lanjutnya, pariwisata sudah menjadi andalan berbagai daerah di Indonesia. Semua berharap pariwisata, lanjutnya, terutama di daerah mencapai pertumbuhan yang lebih baik lagi.

    “Sebenarnya pariwisata itu bagian dari mesin pertumbuhan ekonomi di banyak daerah,” katanya.

    Dia juga menginformasikan bahwa TPK tertinggi ada pada hotel bintang empat. Sedangkan yang terendah terjadi pada hotel bintang satu.

    “TPK hotel bintang empat sebesar 66,30 persen, tapi kalau hotel bintang satu yang terendah, hanya 33,86 persen,” ucap Dody

    BPS Jabar juga mencatat rata-rata tamu menginap di hotel. Pada Maret 2018, lanjutnya, tamu menginap di hotel bintang rata-rata 1,90 hari.

    “Kalau tamu asing, menginap di hotel berbintang rata-rata 4,03 hari. Sementara tamu asal Indonesia menginap di hotel berbintang rata-rata selama 1,80 hari,” ungkapnya.

    (ibenk/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img