spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Penggunaan Sarana Prasarana SPOrT Jabar Dikenakan Biaya Sesuai Perda

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mulai bulan Mei 2018, penggunaan sarana prasarana dan fasilitas di lingkungan SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik Kota Bandung harus melalui izin dan dikenakan biaya. Hal itu menyusul akan dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) Jabar tentang Pengelolaan Saranan Olahraga SPOrT Jabar Arcamanik.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat Yudha M Saputra mengatakan, pengajuan Perda dari Pemprpov Jabar melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah mendapat persetujuan dari Kemendagri bulan April 2018.

    Saat ini, perda tersebut dalam tahap penyelesaian dan penomoran di Biro Hukum dn HAM Setda Provinsi Jabar. Kaitannya dengan penerapan Perda, pihaknya masih menunggu kepastian. Namun kemungkinan besar akan diterapkan bulai Mei 2018.

    Untuk diketahui,

    Perda tersebut, mengatur pengelolaan semua sarana dan prasarana olahraga yang ada di kawasan SPOrT Jabar, Arcamanik. Sebagai pengelola, Dispora Jabar berwenang memberikan izin atau tidak ikut serta mengenakan biaya atas penggunaan sarana prasarana di kawasan SPOrT Jabar.

    “Sarana prasarana di SPOrT Jabar ini milik Pemprov Jabar dan kita sebagai pengelola. Sebagai sebuah aset, maka akan dituntut pendapatan bagi kas daerah sehingga ada beban biaya sewa bagi semua sarana prasarana serta fasilitas yang ada di SPOrT Jabar. Karena semua sarana prasarana serta fasilitas yang ada membutuhkan biaya untuk pemeliharaan dan maintenance lainnya,” terangnya.

    Yudha menegaskan bahwa biaya yang dibebankan bagi pengguna sarana prasarana serta fasilitas di SPOrT Jabar akan lebih murah dibandingkan sarana prasarana serta fasilitas milik swasta. Tidak hanya itu, ketentuan biaya sewa penggunaan sarana prasarana serta fasilitas di SPOrT Jabar itu pun sudah diatir dalam Perda itu.

    “Selama ini untuk penggunaan sarana prasarana serta fasilitas di SPOrT Jabar tidak ada ketentuan bakunya, berapa biaya sewa dan apa saja yang bisa digunakan. Dengan adanya perda, semua sudah diatur dan ada ketentuaannya,” tegasnya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img