spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Elektabilitas Ridwan Kamil Turun, Uu Penyebabnya?

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tingkat elektabilitas calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengalami menurun drastis. Penurunan itu dianggap karena sosok pasangannya Uu Ruzhanul Ulum yang tidak memberikan kontribusi konkrit dalam meningkatkan elektabilutas maupu popularitas di Pilgub Jabar 2018.

    Ketua tim pemenangan Ridwan Kamil – Uu (RINDU) Saan Mustopa membantah jika figur Uu menjadi penyebab tren elektabilitas merosot. Menurut dia kontribusi segmentasi pemilih di Priangan timur menjadi modal Uu maju di Pilgub Jabar.

    “Nggak lah (jadi penyebab), Pak Uu tetap memberikan kontribusi terhadap elektabilitas Ridwan Kamil. Pak Uu juga punya segmen pemilih yang kuat, segmen pesantren, santri, pedesaan,” kata Saan di Bandung, Kamis (3/5/2018).

    Saan mengakui, sosok Uu berkampanye ke daerah – daerah kurang terekpose oleh media. Bahkan, aktivitas kampanye yang dilakukan, tidak banyak terlihat oleh publik.

    “Pak Uu selama ini kerjanya tidak terlalu terlihat oleh publik, tidak termonitor oleh media massa, mungkin Kang Uu juga ketutup dengan ketokohan Kang Emil,” kata dia.

    Saan memastikan, sosok Uu tetap berpengaruh untuk memenangkan Pilgub Jawa Barat 2018.

    “Ada kerja, mungkin 40 hari ke depan Kang Uu kerjanya akan lebih terbuka, tidak lagi silent. Sehingga masyarakat tahu calon wakilnya Kang Emil dan bekerja,” jelas Saan.

    Seperti diketahui, Survei Indo Barometer menunjukan elektabilitas pasangan RINDU mengalami penurunan. Pada hasil survei Januari 2018, pasangan RINDU memiliki tren elektabilitas 44,8 persen. Namun, pada Maret 2018 elektanilitas pasangan ini merosot menjadi 36,7 persen.

    “Kan banyak lembaga survei yah, ada yang mengatakan Ridwan Kamil trennya tetap tapi beda tipis, tapi secara rata – rata tetap menempatkan RINDU juaranya Insya Alloh sampai 27 Juni,” terang Saan.

    (Adie/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img