spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Hasan: Pengepul Itu Pekerjaan Terhormat

    SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Para pengepul barang bekas atau ‘pemulung’ seringkali dicap negatif oleh masyarakat. Padahal, pekerjaan mereka cukup menguntungkan bagi masyarakat sekitar, yakni turut membantu membersihkan limbah pelastik yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang baru yang bermanfaat.

    Demikian disampaikan Cagub Jabar nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin (Hasan) saat berkunjung ke tempat pengolahan limbah plastik di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu (2/5/2018).

    Pekerjaan sebagai pengepul limbah itu, kata Hasan, pekerjaan mulia. Menurut dia, mencari nafkah dengan cara tersebut lebih mulia ketimbang mencuri atau mengambil hak orang lain.

    Adapun hal negatif yang sering dituduhkan kepada para pemulung, sambungnya, hal itu hanya dilakukan oleh oknum tertentu saja.

    Hasan pun, menerima dengan terbuka dukungan yang diberikan oleh para komunitas pemulung tersebut, bahkan dia siap mewujudkan kesejahteraan bagi mereka.

    “Kita jangan pandang sebelah mata, mereka (Pemulung) adalah rakyat yang pengen aktif dalam masalah demokrasi, pekerjaannya terhormat, dan harus kita lindungi,” ungkap Hasan seusai mengikuti kegiatan tersebut.

    Hasan pun siap membantu mengembangkan usaha tersebut melalui kerjasama dengan pabrik pengolahan limbah agar mau menerima barang bekas dari masyarakat.

    Dia pun akan mengoptimalkan peran koperasi, agar usaha yang mereka jalani lebih rapi dan terstruktur.

    “Menurut hemat saya, usaha seperti ini bagus, tetapi memang perlu diorganisir dengan baik, diolah dengan baik dan hasilnya dijual kembali,” jelas dia.

    Sementara itu, Dedi salah satu pengepul limbah menaruh harapan besar kepada Hasan agar membawa perubahan kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya di Sukabumi.

    Dedi menilai sosok Hasan merakyat, Hasan pun bersedia mendengar keluhan masyarakat dan mempunyai kepedulian tinggi terhadap kualitas hidup masyarakat bawah, seperti para pengepul limbah.

    “Saya pikir Kang Hasan ini satu-satunya calon yang mau datang ke tempat ini. Hal itu menunjukan kepedulian kepada masyarakat seperti kami, semoga ke depan, Jabar lebih baik lagi,” tutur Dedi.

    Selain komunitas pengepul limbah, pada kesempatan tersebut, hadir pula ribuan relawan dari berbagai komunitas masyarakat dan seni budaya kedaerahan.

    Kehadiran mereka untuk mendeklarasilan dukungannya terhadap Hasan dan pasangannya Anton Charliyan (Hasanah).

    Sebelumnya, Hasan pun sempat meninjau gudang pengepul limbah plastik dan barang sudah digiling untuk kemudian dijual ke pabrik.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img