spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Deddy Mizwar: Padepokan Seni di Jabar Harus Berdampak Ekonomi

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Padepokan seni yang ada di Jawa Barat ke depan harus didorong memiliki dampak ekonomi secara mandiri untuk pengelola dan pelaku seninya.

    Calon Gubernur Jabar nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan bahwa dengan memiliki dampak ekonomi, maka padepokan akan terus hidup dan berkembang dengan sendirinya.

    “Pintu masuknya adalah pariwisata. Harus dikembangkan padepokan itu sebagai salah satu destinasi wisata, apalagi kalau bisa menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda,” kata Deddy di Padepokan Pencak Silat Tradisional Maenpo Cikalong Cianjur, Senin (30/4/2018).

    Khusus tentang Maenpo, Demiz menilai bahwa seni ketangkasan itu memiliki keunikan yang kuat dari seni Pencak Silat yang lain. Uniknya, dalam bela diri ini, mencelakakan lawan justru sangat dihindari.

    Dalam hal ini, kata demiz, peran pemerintah sangat penting dalam menjaga kelestarian Maenpo dan seni lainnya di Jabar. Pemerintah harus hadir, setidaknya memberikan bantuan pembangunan padepokan yang representatif untuk tahap awal.

    “Selain nanti tentunya bisa saja memberi pelatihan manajemen kepariwisataan,” jelas dia.

    Hal itu sejalan dengan harapan pemimpin padepokan Maenpo Cikalong Cianjur Aziz Ashari. Dirinya sangat mengharapkan kehadiran pemerintah untuk melestarikan Maenpo.

    “Saya iri dengan perkembangan seni bela diri dari luar negeri yang saat ini berkembang di Indonesia. Mengapa mereka bisa berkembang seperti itu? Karena selain memang bela dirinya hebat, juga ada peran pemerintah mereka di sana. Itulah yang Saya harapkan ke Pak Demiz jika beliau terpilih nanti dan Saya doakan beliau terpilih agar benar-benar peduli terhadap seni tradisi,” harapnya.

    Aziz tidak ingin jika seni bela diri dari luar negeri bisa berkembang pesat di Indonesia, sementara seni asli negeri ini hanya tinggal cerita.
    Maenpo adalah seni tradisi pencak silat yang lahir dari daerah Cikalong Cianjur.

    (LIN).

    Berita Terbaru

    spot_img