spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Baznas Jabar Genjot Potensi Zakat Rp17,6 Trilyun

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Arief Ramdhani mengungkapkan, potensi Zakat di Provinsi Jawa Barat mecapai Rp17,6 Triliyun per tahunnya. Namun angka itu belum bisa terelaisasi karena pengelolaan zakat di beberapa kabupaten/kota di Jabar masih belum optimal.

    “Setelah dihitung oleh Baznas pusat dan ahli ekonomi, ternyata Jabar potensinya terbesar di Indonesia. Sementara kita mencapai Rp1 trilyun pun belum,” kata Arief di Pusdai Jabar, Jumat (27/4/2018).

    Menurut dia, belum optimalnya pengelolaan zakat di Jabar disebabkan beberapa faktor, salah satunya, masih ragunya beberapa kabupaten/kota dalam menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

    BACA JUGA:

    Polisi Jaga Peringatan Kenaikan Yesus Kristus di Kota Banjar

    “Ini terus kita dorong. Kita bergerak, dan kita berupaya membangun kesadaran masyarakat agar zakat semunya bisa disalurkan melalui Baznas,” jelas dia.

    Selain itu, faktor tingkat kesadaran dan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai Baznas pun menjadi kendala. Padahal, Baznas hadir sebagai fasilitator untuk memudahkan masyarakat menyalurkan zakatnya.

    “Kalau dikelola sendiri hanya sebatas diberikan begitu saja. Melalui Baznas, selain mendapatkan bantuan, sipenerima pun diberikan edukasi, sepertihalnya pelatihan yang bisa dijadikan bekal oleh mereka,” kata dia.

    (Budi/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img