spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Himpunan Nelayan Garut Dukung Hasanah Tanpa Pamrih

    SANTOLO,FOKUSJabar.id:Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Garut mendukung Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) tanpa pamrih dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat 2018. Dukungan tersebut semakin menambah daftar panjang elemen masyarakat yang menginginkan pasangan nomor urut 2 ibisa memimpin Jabar ke depan.

    “Kami belum pernah kedatangan calon ke wilayah kami. Bahagia Kang Hasan bisa ke sini. Calon yang lain tidak serius terhadap permasalahan nelayan,” kata Ketua HNSI Kabupaten Garut Lukmanul Hakim di TPA Santolo, Kamis (26/4/2018).

    Lukman mengungkapkan, permasalahan di TPI Santolo sangat kompleks. Sepertihalnya masalah belum adanya asuransi untuk meli dungi para nelayan jika terjadi sesuatu saat melaut.

    Kemudian koperasi tidak ada. Selama ini tangkapan nelayan Santolo selalu diserahkan kepada tengkulak, dan yang diperoleh pun tidak seberapa.

    Permasalahan yang paling membuat kaget Hasan adalah bantuan kapal untuk melaut. Para nelayan harus terlebih dahulu menebus sekitar Rp 15 juta. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mereka sudah berat.

    “Permasalahan nelayan sangat banyak. Kami butuh jenderal serius, tegas, disiplin untuk menuntaskan itu,” kata Lukman kepada pasangan Hasanah.

    Terkait asuransi yang dulu pernah diberikan provinsi senilai Rp170 juta dan sekarang sudah tidak ada lagi, Hasan siap menghidupkan lagi program tersebut.

    Selain itu, bila membutuhkan koperasi, Hasan siap mewujudkan harapan para nelayan itu. Dia mengaku akan berkomunikasi dengan Kementrian Koperasi yang kebetulan dipimpin oleh sesama kader PDIP.

    Hasan pun bakal menunjuk bank bjb untuk membantu nelayan jika membutuhkan pinjaman dengan bunga sangat ringan.

    “Saya akan bekerja jika dukungan nelayan 100 persen total. Kalu sudah jadi, undang lagi saya ke sini,” ucap Kang Hasan.

    Usai berdialog, Hasan meninjau langsung kondisi Dermaga Cilauteureun. Menurutnya, wilayah TPI sangat potensial untuk berkembang jika diurus dengan serius dan memperhatikan kebutuhan nelayan.

    Dia pun siap membuat regulasi untuk bantuan kapal nelayan. Sehingga nelayan di Santolo bisa melaut dengan peralatan yang memadai dengan kapal, mesin, jaring multi guna dan GPS.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img