spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Bom Perang Dunia II Ditemukan di KBRI Berlin

    JERMAN, FOKUSJabar.id: Kepolisian Jerman menemukan bom peninggalan Perang Dunia II didekat gedung Kedutaan Besar RI di Berlin, Kamis (19/4/2018). Akibat temuan itu, KBRI menutup sementara operasionalnya selama proses evakuasi berlangsung mulai hari ini, Jumat (20/4).

    “Sehubungan dengan pemberitahuan dari Kepolisian Berlin mengenai ditemukannya bom peninggalan Perang Dunia II di sekitar KBRI Berlin, maka pada hari Jumat, 20.04.2018, KBRI Berlin tidak beroperasi dan akan melakukan pelayanan kembali pada Senin, 23.04.2018,” bunyi pernyataan KBRI Berlin, seperti dilansir CNN.

    Di Jakarta, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Christiawan Nasir, menyatakan seluruh WNI yang ada di Jerman terutama Ibu Kota Berlin diimbau untuk menjauhi lokasi temuan bom dan meninggalkan tempatnya jika terletak sekitar 800 meter dari lokasi temuan bom.

    BACA JUGA: Mortir Sisa Perang Dunia 2 Diledakan

    “Kami sudah memberitahukan kepada seluruh WNI kalau KBRI tidak buka untuk sementara waktu karena ada permintaan evakuasi dari otoritas Jerman,” kata Arrmanatha kepada media di kantornya.

    Bom buatan Inggris seberat 500 kilogram ditemukan di pusat kota Berlin saat pengerjaan proyek infrastruktur di Heidestrasse, Mitte. Seluruh gedung yang berjarak 800 meter dari lokasi temuan diminta untuk dievakuasi.

    Juru bicara kepolisian Martin Halweg mengatakan belum jelas berapa lama proses evakuasi ini akan berlangsung. Lewat akun Twitter-nya polisi juga menyatakan bom dalam kondisi aman dan tidak membahayakan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img