spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pers Seperti Kelaparan di Ladang Padi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota Bawaslu Jabar Warsikin Marzuki meminta Pers menyukseskan Pilkada demi kepentingan masyarakat. Wartawan juga jangan hanya diam di luar pagar, tapi harus berani masuk ke dalam pagar, menjadi bagian dari regulasi untuk memudahkan komunikasi antar lembaga dan pers, juga informasi akan dikemas dengan baik dan menyeluruh tepat sasaran.

    “Wartawan atau pers dalam Pilkada jangan jadi penonton sebab ada lima unsur yang menjadi bagian dari Bawaslu, yakni unsur dari Kejaksaan, Kepolisian Akademisi atau Pendidikan, Pers dan Masyarakat, maka dari itu ini saatnya bagi pers berperan dalam mensukseskan Proses Demokrasi,” kata Warsikin Dalam Workshop Peranan Pers Dalam Pilkada Serentak 2018 di Hotel Homan Jalan Asia Afrika, Panelis Workshop yang juga Bawaslu Jawa Barat Warsikin Marzuki menegaskan kepada wartawan untuk berperan serta dalam proses Pilkada dengan menjadi bagian dari Bawaslu.

    Warsikin mengaku, saat ini regulasi menghambat peran pers dalam mempromosikan proses demokrasi, pers sekarang layaknya kelaparan di Ladang Padi Yang sedang Panen.

    BACA JUGA: Hadapi New Normal, Dewan Pers Ingatkan Perlindungan Jurnalis

    “Zaman dulu, sebelum PKPU mengatur tentang pembatasan iklan, tiga perempat nasib Calon dalam konsestasi demokrasi ataupun pesta politik ini ditangan Pers, tapi sekarang regulasi membuat pers kebingungan,” ucapnya.

    Maka dari itu Warsikin mengajak rekan Wartawan untuk melawa peratran itu, ajukan ke Mahkamah Agung, jangan sampai jadi melanggar.

    Sementara itu Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdullah menerangkan, memang kebijakan terkait iklan ini harus diterapkan, semua terkait sinergi bersama rekan Media.

    ” Sebenarnya kebijakan terkait iklan itu kita tidak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah ditetapkan dalam regulasi PKPU no 4, maka kita memilah – milah media yang benar-benar bersinergi, kendati demikian permasakahan ini ada di iklan, saya kira Media bisa berinovasi dengan bekerjasama dengan calon dengan strage news, dengan pemberitaan – pemberitaam,” ungkapnya.

    (Riza M Irfansyah/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img