spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Sukses Galang Dana CSR Rp234 M Sepanjang 2017

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sekda Jabar Iwa Karniwa menyebut, program CSR Jabar yang sudah berjalan sejak diresmikan Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) 2011 lalu semakin menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan signifikan, baik dari sisi jumlah dana, proyek hingga perusahaan yang berkontribusi.

    Khusus pada 2017, yang telah masuk dan tercatat di sekretariat Tim Fasilitasi CSR Jabar sebesar Rp243 milyar. Angka tersebut berasal dari laporan realisasi pelaksanaan CSR yang dilaporkan oleh 101 perusahaan mitra CSR Jabar. Sekda yang mewakili gubernur dalam peresmian proyek-proyek CSR Jabar 2017 juga mencatat jumlah perusahaan yang telah bergabung dan bersinergi dengan Tim Fasilitasi CSR Jabar sampai dengan 2017 telah mencapai 170 perusahaan.

    “Ratusan perusahaan tersebut, sebanyak tiga perusahaan berasal dari BUMD, 40 perusahaan dari BUMN dan 127 perusahaan swasta. Ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 131 perusahaan,” kata Iwa di Bandung, Rabu (18/4/2018).

    Melalui kegiatan diseminasi CSR Jabar 2015, 2016 dan 2017 kata Iwa, tim fasilitasi CSR Jabar telah melakukan diseminasi dengan sembilan kawasan industri di Jawa Barat, antara lain dengan Kawasan Industri Jababeka, Kawasan Industri KIIC, Kawasan Industri MM2100, Kawasan Industri Suryacipta, Kawasan Industri dan Pergudangan Marunda Center, Kawasan Industri Ejip, Kawasan Industri Lippo Cikarang, Kawasan Industri Kim dan Kawasan Industri Deltamas.

    “Kegiatan diseminasi CSR Jabar berbasis kawasan tersebut perlu dan akan terus dilakukan sebagai media penyebarluasan informasi terkait program dan kegiatan CSR yang difasilitasi Pemprov Jabar,” kata dia.

    Untuk capaian investasi program dan kegiatan CSR Jabar yang telah terealisasi dari 2011 sampai dengan 2017, pihaknya mencatat dana sebesar Rp1,39 triliyun, dengan capaian realisasi program dan kegiatan CSR Jabar. Mewakili Gubernur, Iwa mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah melakukan sinergi program pembangunan dengan Pemprov Jabar.

    “Semoga apa yang telah dilakukan bisa bermanfaat bagi akselerasi pembangunan di Jawa Barat secara menyeluruh,” paparnya.

    Menurut dia, berbagai keberhasilan yang dicapai Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Ahmad Heryawan tidak terlepas dari sinergi yang dibangun oleh seluruh stakeholder pembangunan Jabar mulai dari 27 kabupaten/kota, pemerintah provinsi, pemerintah pusat, akademisi, sektor swasta hingga seluruh elemen masyarakat.

    “Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BUMD, BUMN serta pihak swasta yang telah melakukan tanggung jawab sosialnya sebagai bagian dari upaya membangun negeri,” tutur dia.

    Iwa menilai bahwa hal ini sejalan dengan konsep Jabar Masagi yang merupakan transformasi dari Triple Helix (Segitiga) ABD (Academician, Business and Goverment) menjadi empat pilar utama pembangunan, yakni Academician, Business, Community, and Government (ABCG) dan satu simpul Laws and Regulation.

    “Dengan tagline ‘Jabar Maju Bersama Mitra’, ke depan program CSR yang telah menginjak tahun ke-7 sejak dikukuhkannya deklarasi pada tanggal 14 Januari 2011 lalu, akan terus diperluas dan dikembangkan,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img