spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Disekap 18 Tahun di Inggris, TKI Berhasil Pulang ke Tanah Air

    INGGRIS, FOKUSJabar.id: Tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia  Parinah (50) yang selama 18 tahun disekap majikannya akhirnya bisa kembali ke Tanah Air, Selasa (10/4/2018) malam. Tenaga kerja asal Banyumas itu pulang ke Indonesia dengan pesawat Garuda Indonesia GA 87 dari Bandara Heathrow, Inggris dengan bantuan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London.

    Setibanya di Jakarta Parinah akan disambut oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri dan BNP2TKI yang membantu mengatur perjalanan sekaligus menyerahkan kepada pihak keluarga di Banyumas, Jawa Tengah.

    “Parinah merasa senang dan bercampur haru karena akhirnya dapat bertemu dan berkumpul kembali dengan keluarga besar di Banyumas,” kata KBRI London dalam rilisnya, seperti dilansir CNN.

    Parinah berterimakasih atas peran KBRI London yang membantu kepulangannya dalam waktu yang singkat. KBRI London akan terus menjalin koordinasi dengan kepolisian setempat terkait penanganan kasus Parinah, sehingga hak-haknya bisa diselesaikan secara tuntas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

    TKW asal Banyumas itu berada di Inggris sejak tanggal 28 Mei 2001 setelah sebelumnya bekerja dengan majikan di Arab Saudi sejak tahun 1999. Selama bekerja, dia tidak diperkenankan keluar rumah. Kecuali jika bersama salah seorang anggota keluarga majikan. Selama itu pula, dia tidak menerima gaji dan tidak diperkenankan menghubungi keluarga di Indonesia.

    KBRI London bekerja sama dengan Kepolisian Brighton Sussex, Inggris berhasil menyelamatkan Parinah setelah menerima kabar resmi tentang dia pada 1 Maret 2018 lalu.

    (Agung/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img