spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Kenaikan Jabatan di Pemprov Jabar akan Gunakan Merit Sistem

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Proses pengangkatan pejabat di Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditargetkan mengendepankan figur dengan kemampuan dan kinerja terbaik.

    Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya bersama Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah menggelar pertemuan dan membahas penerapan merit sistem dalam proses kenaikan jabatan di lingkungan Pemprov Jabar.

    “Proses kenaikan jabatan satu tingkat lebih tinggi di Pemprov Jabar akan menerapkan merit sistem,” kata Iwa di Bandung, Minggu (8/4/2018).

    Untuk diketahui, merit sistem adalah cerminan manajemen kepegawaian yang profesional, dimana penempatan pegawai dan pejabat menggunakan kompetensi kinerja dan rekam jejak sebagai alat ukur pengangkatan.

    “Itu yang akan didorong ke depan,” jelas Iwa.

    Merit sistem menurutnya, berbeda dengan fit and profer test yang dilakukan untuk mencari figur yang tepat untuk mengisi jabatan.  Merit Sistem lebih banyak digunakan untuk pengangkatan pejabat dalam struktur dinas.

    “Jadi kalau di bidang tertentu ada kesinambungan jika pejabat yang diangkat masih di dalam struktur dinas itu,” kata dia.

    Iwa menilai, jika diterapkan selain menghasilkan figur pejabat yang mumpuni dan memiliki kinerja bagus juga tidak akan mengganggu kondisi internal karena memiliki kesinambungan dengan pejabat lama.

    “Ini arahnya pada percepatan dan peningkatan pelayanan publik di Jawa Barat,” jelas dia.

    Sejauh ini, kata dia, merit sistem belum sepenuhnya diterapkan dalam proses promosi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Jabar.

    “BKD dan Komisi ASN sudah membahas ini, ke depan ini akan diterapkan,” tutur Iwa.

    Ada tiga institusi yang bertanggung jawab dalam penilaian memakai merit sistem ini, yakni Biro Organisasi, Badan Kepegawaian Daerah, dan Badan Pendidikan SDM.

    “Ini yang akan kita dorong ke depan karena itu perlu ada pemahaman tiga institusi yang memang bertanggungjawab secara tugas pokok dan fungsi untuk mengembangkan pola karier, penempatan karir lebih tepat. Dan yang pertama adalah Biro Organisasi, kedua BKD, dan ketiga BPSDM,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img