spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Menjadi Pelaku Demokrasi, Disabilitas Diberi Bekal Ini

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Puluhan penyandang disabilitas diberikan pembekalan mengenai pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang.

    Dengan memahami regulasi serta cara pelaksanaan Pilkada, mereka bisa menjadi pemilih partisipasi dalam menentukan hak demokrasinya.

    Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman menjelaskan, penyandang disabilitas memiliki hak sama dalam menentukan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara yang dituangkan dalam berdemokrasi aktif. Dengan begitu, mereka tidak lagi menjadi kelompok yang termarjinalkan didalam status sosial kemasyarakatan.

    “Mereka merupakan suadara kita yang memiliki hak yang sama dalam berbangsa dan bernegara. Maka mereka diharapkan menjadi pemilih partisipatif pada Pilkada Serentak, agar tidak menjadi kaum yang termarjinalkan,” ungkanya, Kamis (05/04/2018).

    Salah satu cara mereka menjadi pemilih partisipatif, berperan aktif tidak lagi menjadi objek dalam pembangunan, melainkan harus menjadi subjek/pelaku demokrasi. Seperti menjadi bagian dari penyelenggaran Pemilu serta pelopor untuk melawan kecurangan dalam politik uang.

    Irfan menambahkan, dengan diberikan pemaham tentang regulasi pilkada, diharapkan para kaum disabilitas bisa menjadi contoh dan membawa perubahan yang baik untuk masa depan bangsa. Karena kata dia, satu suara dalam pilkada nanti sangat menentukan nasib bangsa paling minimal lima tahun mendatang.

    “Sebaik-baiknya seorang manusia ialah orang yang baik untuk orang lain. Maka, berangkat dari saudara kita para penyandang disabilitas, harus menjadi sebuah centralisasi berdemokrasi aktif dengan menjadi pemilih partisipatif pada pemilihan umum,” pungkasnya.

    (BOIP/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img