spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Kata Ketua Komisi I DPRD Jabar Soal Kunjungan ke Swedia

    MALMO, FOKUSJabar.id: Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Syahrir berharap, ke depan kerjasama saling menguntungkan antara Skane Region dengan Pemprov Jabar segera terjalin.

    Demikian diungkapkan Syahrir saat mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengunjungi Kerajaan Swedia dan bertemu dengan Vice President of Regional Council Ms Annika Annerby Jansson di Kantor Region of Skane, Malmo, Swedia, Senin (26/3/2018) pagi waktu setempat.

    Adapun penjajakan kerjasama, khususnya antara Skane Region dan Pemprov Jabar, seperti di bidang lingkungan hidup (waste to energy) energi terbarukan, infrastruktur, kebudayaan dan pariwisata.

    Dia menyebut bahwa Jabar dengan jumlah penduduk sekitar 48 juta jiwa, saat ini telah menjadi pusat manufaktur industri, pusat pendidikan hingga di bidang pertahanan level nasional.

    “Di semua bidang itu, Jabar memiliki produk berkelas internasional, seperti PT Dirgantara Indonesia (PT DI) di Jalan Padjajaran Bandung, Jawa Barat; Pindad di Kiaracondong, Kota Bandung. Begitupun di dunia pendidikan, Jabar memiliki universitas terkemuka nasional, seperti ITB, IPB, UI, dan Unpad, ” kata dia.

    Lebih lanjut dia mengatakan bahwa benar yang disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yakni di bidang pertanian, Jabar menjadi pemasok 20 persen kebutuhan padi nasional, dan 70 persen teh nasional.

    Tidak hanya itu, Jabar pun memiliki buah buahan tropis. Bahkan buah manggis yang diekspor Indonesia, 80 persennya dari Jawa Barat.

    “Di sisi lain pun kita punya kopi. Saat Festival kopi Atlanta, dari 20 jenis kopi dunia, 6 di anataranya kopi Jawa Barat,” jelas Syahrir.

    Jabar pun menjadi lokasi 60 persen di mana industri manufaktur, seperti elektronik, pengolahan kulit, gas dan industri kreatif lainnya berada.

    Dalam kesempatan itu, Vice President of Regional Council Ms. Annika Annerby Jansson pun memaparkan sejumlah potensi dan kelebihan yang ada di wilayahnya, mulai dari pelayanan kesehatan, transportasi publik, pendidikan, industri dan lainnya.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa selain untuk kerjasama antara Jabar dan Skane Region, dia berharap kunjungan ini bisa memperkokoh hubungan bilateral antara Indonesia Swedia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img