spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Stilasi dan Jejak Pristiwa Bandung Lautan Api

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946 telah menjadi momen penting bagi rakyat Bandung untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk memperingati jejak-jejak peristiwa Bandung Lautan Api yang bersejarah tersebut, dibuatlah 10 stilasi. Pembuatan stilasi itu diinisiasi oleh Bandung Heritage yang bekerja sama dengan sejumlah pihak pada 1997.

    Stilasi-stilasi tersebut di antaranya penanda tempat pertama kalinya pembacaan teks proklamasi oleh rakyat Bandung, lokasi persitiwa perobekan bendera Belanda maupun markas para pejuang Bandung Lautan Api.

    Salah satu stilasi yang terawat dengan baik yaitu yang berada di SD ASMI. Menurut Keamanan Sekolah SD ASMI, Yaya Sunarya (54), tugu Bandung Lautan Api masih terawat dengan baik.

    “Tugu di sini selalu terjaga, apalagi masuk di lingkungan sekolah pasti tugu ini di jaga baik baik oleh semua warga sekolah khususnya,” kata Yaya, Seperti dilansir PRFM, Selasa (20/3/2018).

    Kondisi serupa juga bisa dijumpai di Jalan Jembatan baru yang merupakan salah satu garis pertahanan pejuang saat terjadi pertempuran Lengkong. Salah seorang warga sekitar, Iman (38) menuturkan tugu Bandung lautan api memang dijaga dengan baik. Hal itu karena warga juga menjagannya bersama-sama.

    “Di sini kita jaga bersama-sama. Kita sama-sama tahu kalau itu (penanda, red) salah satu titik bersejarah,” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img