spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Deddy Mizwar Ingin Kopi Jabar Rajai Pasar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar berjanji akan terus mengembangkan potensi komoditas Kopi di Jawa Barat agar bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

    Dia mengatakan, permintaan kopi Jabar untuk ekspor saat ini terbilang sangat tinggi. Bahkan trend nya terus berkembang lewat Kopi Java Preanger dan varian lainnya.

    “Potensinya sangat besar sehingga ini betul-betul harus dikembangkan,” kata Deddy saat mengunjungi para petani kopi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Selasa (20/3/2018).

    Guna mengembangkan komoditas kopi, menurut dia, banyak upaya yang bisa dilakukan, salah satunya dengan teknologi tepat guna, sehingga produktivitas kopi pun lebih tinggi.

    “Kita pun baru mengembangkan teknologi dan bagaimana benih dalam setahun bisa berbuah,” kata dia.

    Menurut dia, pengembangan komoditas kopi pun bisa jadi solusi bagi kerusakan alam yang disebabkan alih fungsi lahan. Pihaknya berharap, dengan adanya pengembangan kopi, masalah alih fungsi lahan bisa diantisipasi dengan baik.

    “Ini sebuah solusi bagus tanpa mengurangi nilai ekonomi yang ada, bahkan menambah added value, yang jelas dengan kopi ini bukan hanya kebutuhan pasar dalam negeri, tapi untuk ekspor kita,” katanya.

    Selama ini, kata dia, suplai kebutuhan kopi masih sangat kurang dibanding permintaan pasar.

    Dia menjanjikan bisa mengembangkan produk unggulan tersebut menguasai pasar.
    Saat ini suplai baru dari dalam negeri, belum dari luar negeri.

    ” Ini kesempatan baik. Kita kembangkan teknologinya agar bisa berinovasi bagaimana kopi bisa berbuah sepanjang tahun. Ini ada asupan nutrisi tanaman, berbagai cara kita lakukan, sehingga hasil produksi meningkat tapi tidak mengurangi kualitas,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img