spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Banjir Meluas di Kabupaten Bandung, Tol Air Gedebage Dituding Jadi Penyebabnya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Meluasnya banjir di Kabupaten Bandung ditenggarai terjadi karena adanya tol air di wilayah Gedebage kota Bandung. Pasalnya air yang mengalir dari tol air itu seluruhnya bermuara ke sungai Cikeruh.

    “Sebelum ada tol air di Gedebage, dulu banjir di Kabupaten Bandung tidak meluas. Dengan adanya tol air di Gedebage ini kan bermuara ke Cikeruh dan citarum sehingga meluap ke daerah Kabupaten Bandung meskipun hujan sebentar,” ujar Anggota komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna seperti dilansir PRFM, Selasa (20/3/2018).

    Dadang mengatakan, hal tersebut merupakan buah kajian dan fakta yang didapat oleh pihaknya. Bahkan menurut Dadang seharusnya pintu tol air itu bermuara di waduk saguling sehingga dapat menjadi cadangan air bagi masyarakat Bandung Raya.

    “Secara kajian dan fakta memang seperti itu. Hemat saya harusnya sebelum dibuat diperhitungkan dulu. Setelah ada tol air jadi ada dampak signifikan pada banjir di Kabupaten Bandung,” tuturnya.

    Sebelumnya diberitakan, berdasarkan catatan BPBD banjir di Kabupaten Bandung beberapa lalu meluas ke sejumlah wilayah yang sebelumnya bebas banjir seperti Pamengpeuk, Solokanjeruk.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img