spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Hibur Warga Banjar, Wayang Ajen Angkat Isu Kontemporer Masa Kini

    BANJAR, FOKUSJabar.id : Rangkaian hari jadi Kota Banjar ke-15, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengenalkan wisata budaya Wayang Ajen pada masyarakat.

    Digelar di Taman Kota Lapang Bakti Banjar, Wayang Ajen menampilkan pagelaran yang disajikan secara modern dengan memadukan visual dan wanda tari sehingga menghasilkan satu seni pertunjukan kolosal.

    Cerita yang dibawakan mengangkat isu-isu kontemporer masa kini yang hangat di masyarakat. Seperti tahun politik juga masalah sosial yang disampaikan apik oleh ki Dalang Wawan Ajen.

    Kadispora Kota Banjar, Nana mengatakan bahwa pagelaran Wayang Ajen ini dipersembahkan untuk hari jadi Kota Banjar. Kemudian, Wayang Ajen ini merupakan salah satu dari kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

    “Kebanggaan kami Wayang Ajen ini telah dikenal dan dipertunjukan di 51 negara di dunia. Tentunya dengan nuansa berbeda Wayang Ajen ini bisa diterima di kalangan dengan mengangkat isu yang terjadi pada masa kini,” ujarnya, Sabtu (17/3/2018) malam.

    Selain itu lanjut dia, Wayang Ajen ini memiliki makna filosofis yang perlu maknai bagaimana bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

    “Kami harap, pesan moral dapat diserap oleh masyarakat. Sebuah tontonan jadi tuntunan untuk kita,” pungkasnya.

    (Boip/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img