spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Berkunjung ke Pasar Cisarua, Ridwan Kamil Dengarkan Keluhan

    BOGOR, FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jabar nomor urut 1 Ridwan Kamil berkunjung ke pasar Cisarua Kabupaten Bogor, Kamis (15/3/2018). Di pasar, Ridwan Kamil bertemu para pedagan dan pengunjung pasar yang mengadukan kondisi pasar yang karut marut hingga persoalan sengketa lahan di antara pedagang dan pengelola pasar.

    “Jalan di pasar ini sempit, ke kiri dan ke kanan banyak yang parkir. Kalau ada mobil papasan, pasti macet. Akses keluar masuk pasar pun hanya melewati satu pintu,” kata Ace seorang pedagang sayur.

    Dengan kondisi tersebut, kata Ace, pembeli jadi malas dan lebih suka belanja di depan. Pihaknya meminta agar kondisi tersebut bisa segera berakhir dan dibenahi.

    Kepala Unit Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor Mira mengatakan, sengketa yang terjadi bukan antara pedagang dan pengelola pasar, melainkan dengan Pasar Festival Cisarua.

    “Jadi sebetulnya yang di depan itu awalnya Pasar Festival, setelah izinnya habis, mereka tetap berjualan dan pedagang yang berjualan di luar pun semakin banyak,” kata Mira.

    Mira mengatakan, Pasar Cisarua sudah berdiri 27 tahun, bangunannya sudah banyak yang rusak dan kondisinya karut marut. Pihaknya berharap pasar ini direvitalisasi.

    Mendengar keluhan tersebut, Ridwan Kamil siap menampung semua persoalan dan aspirasi para pedagang untuk dicarikan solusi yang tepat. Pertama, tentang kondisi pasar sudah tua, pedagang minta direnovasi, kedua masalah akses jalan menuju pasar, masalah ketertiban, dan permodalan juga minta dimudahkan.

    “Ada juga masalah status tanah dan bangunan yang sebentar lagi habis masa pakainya dan pedagang minta dinegosiasikan agar status pedagang ini bisa langgeng,” kata Ridwan.

    Jika dirinya terpilih menjadi gubernur Jabar, Ridwan Kamil berjanji akan menata dan menjadikan Pasar Cisarua sebagai pasar wisata. Karena pasar ini lokasinya di daerah yang sejuk, di Kota Bogor juga banyak didatangi wisatawan asing.

    “Secara umum saya senang karena Pasar Cisarua ini rame, berada di daerah Bogor yang sejuk jadi tidak panas. Jadi kalau dipromosikan kepada turis, harusnya mantap. Tinggal kita dekor, bikin nyaman dan jadikan pasar ini sebagai pasar wisata,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img