spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Hasan: Napak Tilas Bung Karno Bersama Mama Falak Jadi Spirit Perjuangan

    BOGOR, FOKUSJabar.id: Dikenalnya Ilmu Falak di awal Kemerdekaan Republik Indonesia tak terlepas dari sosok KH Tubagus Muhamad Falak atau akrab disapa Mama Falak.

    Hal itu pulalah yang membuat Presiden pertama RI Ir Soekarno seringkali mendatangi Ponpes Pagentongan di Kampung Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor saat itu.

    “Bung Karno yang ketika itu tinggal di Istana Bogor datang ke Pesantren Al Falak dan biasanya datang pada malam hari, kadang menggunakan motor besar atau naik kuda untuk bertemu Abah (KH Tubagus Muhamad Falaq),” kata Cicit Mama Falak, Deden Solehudin Rabu (14/3/2018).

    Setelah satu abad, kata dia, telah berdiri enam pondok pesantren dan sekolah Islam formal yang jaraknya hanya belasan meter.

    Mama Falak dikenal masyarakat sebagai ulama yang disegani dan memiliki Ilmu agama cukup tinggi.

    “Tak heran jika makamnya kini dijadikan tempat ziarah oleh warga untuk berdo’a dan mengaji,” kata dia.

    Sementara itu, calon Gubernur Jabar nomor urut 2 Tubagus Hasanudin mengatakan, ‘Napak Tilas’ Bung Karno bersama Mama Falak menjadi spirit dalam memperjuangkan banhsa demi kemaslahatan umat.

    “Generasi kita bertanggungjawab melanjutkan perjuangan sesepuh bangsa,” kata Hasan saat berkunjung ke Ponpes Pagentongan.

    Hasan menyebut bahwa Napak Tilas yang dilakukannya bukan yang pertama, terlebih dirinya pernah mengawal rombongan Presiden Abdurahman Wahid (Gusdur). Saat itu Hasan menjabat sebagai Ajudan Presiden RI.

    “Ziarah ke makam Mama Falak sekaligus bersilaturahmi dengan keturunan keluarga besarnya,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img