spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Anak Petugas Pemadam Kebakaran Sudah Selayaknya Diurus Negara

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin berharap ada mekanisme yang menjadikan anak-anak para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) diurus oleh negara. Hal ini sebagai bentuk perhatian dan apresiasi pemerintah bagi para petugas Damkar yang sudah menjaga keamanan warga Kota Bandung dalam 24 jam.

    “Perhatian bagi mereka itu tidak hanya sebatas materi berupa tunjangan kinerja, tapi juga kebutuhan lain. Seperti makanan bergizi dan perhatian kepada keluarga petugas. Untuk tunjangan kinerja maupun makanan bergizi, saya lihat dari Kota Bandung sudah memberikan,” ujar Solihin usai peringatan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran tahun 2018 tingkat Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Rabu (14/3/2018).

    Meski demikian, Solihin saya berharap ada peningkatan bentuk perhatian kepada keluarga pemadam yang menjadi korban saat penyelamatan pada peristiwa tahun lalu. Dirinya berharap ada mekanisme yang memungkinkan anak-anak para petugas Damkar ini diurus oleh negara.

    “Kalau memungkinkan anaknya jadi anak negara karena ayahnya sudah bekerja untuk pemerintah. Mereka anumerta, sudah selayaknya anaknya menjadi tanggung jawab pemerintah. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan,” tambahnya.

    Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ini, lanjutnya, harus dijadikan momentum agar generasi muda paham jika mereka memiliki pahlawan yang siap menjaga keamanan dan keselamatan warga kota. Para petugas pemadam kebakaran ini selalu berjibaku selama 24 jam menjaga keamanan warga Kota Bandung. Tak hanya urusan kebakaran, namun selalu siap sedia menolong warga yang mengalami kesulitan.

    “Mereka itu bekerja keras untuk menangani berbagai keluhan warga. Mulai dari kebakaran, bencana alam tabrakan, ular masuk ke rumah, sarang tawon, kucing terjebak di pohon, terakhir monyet yang lepas dari kandangnya. Mereka bekerja 24 jam, jadi sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian khusus kepada mereka. Dan untuk anak-anak para petugas, mereka harus bangga kalau orang tuanya menjadi bagian dari pengamanan di Kota Bandung,” tegasnya.

    Pada kesempatan itu, Solihin mewakili Pemkot Bandung pun mengucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang selalu bekerja sama membangun rasa aman di masyarakat. Yakni Kapolrestabes Bandung, Dandim 0618/BS, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Manajer PLN Area Bandung, Ketua Basarnas Bandung, Ketua PMI Kota Bandung, Kepala Unit Reaksi Cepat Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan Kepala Satuan Relawan Kebakaran Kota Bandung.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img