spot_img
Sabtu 24 Februari 2024
spot_img
More

    Kejuaraan Piala Gubernur Jabar Ditujukan untuk Pembibitan Atlet

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar, digelar dengan tujuan utama pembibitan atlet. Untuk itu, kejuaraan Piala Gubernur Jabar pun khusus diperuntukkan bagi atlet-atlet usia dini.

    “Piala Gubernur Jabar itu untuk konteks pembibitan, sebagai evaluasi dalam pembinaan atlet usia dini. Jadi Piala Gubernur Jabar itu digelar khusus untuk diikuti atlet usia dini, bukan atlet elite,” ujar Kepala Dispora Jabar, Yudha M Saputra saat ditemui di ruangannya, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (12/3/2018).

    Untuk pembinaan atlet elite, lanjut Yudha, diserahkan kepada KONI Jabar. Dengan demikian, ada pembagian tugas yang jelas dalam hal pembinaan keolahragaan di Jabar antara Dispora Jabar dengan KONI Jabar.

    “Untuk pembinaan atlet usia dini atau pembibitan, kita yang lakukan. Dan ketika atlet itu sudah masuk dalam jajaran elite atlet, maka KONI Jabar yang melakukan pembinaan dengan anggaran yang diberikan pemerintah. Untuk tahun ini saja, KONI Jabar diberi anggaran cukup besar mencapai Rp70 miliar,” terangnya.

    Untuk cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan Piala Gubernur Jabar di tahun 2018, lanjut Yudha, yakni sebanyak enam cabang olahraga. Namun untuk penetapan cabang olahraga apa saja, pihaknya masih melakukan pemilihan dan pemilihan cabang olahraga yang cocok.

    “Nanti kita akan tentukan cabang olahraga apa, berdasarkan pertimbangan kita dan akan mengundang pengurus cabang olahraga yang bersangkutan. Cabang olahraganya sendiri bervariasi, mulai dari cabang olahraga permainan, ketangkasan, beladiri, hingga cabang olahraga penilaian,” paparnya.

    Meski demikian, cabang olahraga yang dipilih pun tidak akan keluar dari cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). Seperti diketahui, pada Popnas sendiri dipertandingkan sebanyak 21 cabang olahraga.

    “Jadi nanti jenjangnya jelas, mulai dari kejuaraan Piala Gubernur Jabar, lalu Popda, lalu Popwilnas, dan puncaknya di Popnas. Untuk pelaksanaan kejuaraan Piala Gubernur tahun ini, rencananya akan dimulai pada bulan Mei dan selesai sebelum masa jabatan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan selesai,” pungkasnya.

    (Ageng/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img